Tuesday, 22 October 2019

Messi Tersandung Kasus Pajak?

Kamis, 13 Juni 2013 — 10:47 WIB
messi-timnas-4

BARCELONA (Pos Kota) – Kasus penggelapan pajak tampaknya masih menimpa sejumlah pemain, tak terkecuali pemain terbaik dunia sekelas, Lionel Messi. Seperti dikutip Reuters, bintang Barcelona itu beserta ayahnya, Jorge dikabarkan tersandung kasus penggelapan atas kewajiban pajak yang mencapai 5,3 juta dolar AS (setara Rp51,9 miliar).

Jorge, dituduh telah melakukan kecurangan dalam pembayaran pajak untuk tahun 2006, 2007, 2008 dan 2009. Tuduhan terhadap Messi tersebut datang seorang penuntut umum pajak di Catalunya bernama Raquel Amado. Secara resmi Messi sudah melontarkan bantahan atas tuduhan tersebut. Melalui akun Facebook-nya, bintang asal Argentina itu mengaku terkejut karena selama di Spanyol sama sekali tak pernah melakukan pelanggaran hukum.

“Kami baru tahu dari media soal klaim tuduhan yang disampaikan oleh otoritas pajak Spanyol. Kami terkejut dengan berita itu, karena kami tidak pernah melakukan pelanggaran hukum. Kami selalu memenuhi seluruh kewajiban pajak kami, mengikuti konsultan pajak yang juga akan mengklarifikasi situasi ini,” tulis Messi.

Messi, yang akan berusia 26 tahun di Juni ini, adalah salah satu atlet dengan gaji terbesar di dunia. Menurut Majalah Forbes dia bisa mengantongi 20 juta dolar AS (setara Rp195,8 miliar) setiap tahunnya dari gaji saja. Sementara dari kontrak iklan bersama Adidas, PepsiCo and P&G jumlahnya mencapai 21 juta dolar AS (setara Rp205,6 miliar). Tuduhan terhadap Messi dan ayahnya adalah mereka menggunakan perusahaan-perusahaan di luar Spanyol, tempat ia tinggal, untuk menghindari pajak.

Mereka dituduh menggunakan perusahaan di Belize dan Uruguay untuk menjual hak atas penggunaan foto Messi. Jaksa Raquel Amado mengajukan pengaduan itu Rabu (12/6) di pengadilan Gava, kawasan di Barcelona tempat Messi tinggal. Sebelumnya, kasus yang sama pernah menimpa mantan legenda hidup Argentina, Diego Maradona saat masih menginjakkan kakinya di Italia. Meski hal itu dibantah Maradona, namun pada akhirnya Maradona harus hidup di pengasingan.

(junius/sir)