Thursday, 05 December 2019

Jika Sudah Terima Surat Tugas

Dirut Bulog: Harga Daging di Jabotabek Rp70 Ribu/Kg

Selasa, 18 Juni 2013 — 13:41 WIB
daging-merah

JAKARTA (Pos Kota)- Dirut  Perum Bulog Sutarto Alimoeso menyatakan,  jika pihaknya sudah menerima surat penugasan untuk mengimpor dan menstabilkan harga daging maka diperkirakan harganya di sekitar Jabodetabek pada  Juli 2013 mendatang sekitar Rp 70 ribu per kilogram.

“Harga segitu cukup bagus, karena tidak memberatkan  masyarakat maupun peternak. Kalau ditekan lebih rendah lagi nanti peternak yang berteriak,” katanya.

Sutarto mengaku pihaknya sedang menunggu surat penugasan tersebut turun. Diperkirakan minggu-minggu ini surat dari Kemendag dan Pertanian  sudah turun sehingga pihaknya bisa langsung mengimpor daging dari Australia maupun Selandia Baru.
Bulog memperkirakan jika izin impor sudah turun pihaknya membutuhkan dana pinjaman perbankan sekitar Rp 350 milyar. Selanjutnya daging akan didistribusikan terutama di sekitar Jabodetabek yang permintaannya tinggi namun bukan penghasil sapi.

Seperti  diketahui Bulog diberi tugas menstabilisasi harga dengan mengimpor daging sapi. Namun sampai saat ini izin impor tersebut belum juga dikeluarkan pihak Kementerian Perdagangan sehingga tugas tersebut belum sempat dilaksanakan dan harga daging di pasaran masih tinggi.

Sutarto sendiri berharap surat penugasan atau izin impor tersebut bisa segera dikeluarkan. Sebab semakin berlarut-larut turunnya izin tersebut semakin lama datangnya daging impor dan semakin lama rakyat menderita dengan tingginya harga daging.

“Apalagi ini semakin dekat dengan puasa dan Lebaran maka sebaiknya stabilisasi harga tersebut harus segera dilakukan.”
Sutarto sendiri mengaku pihaknya diminta untuk menstabilkan harga daging hingga ke level  Rp 75 ribu per kilogram. Diperkirakan level harga tersebut akan bisa dicapai sekitar menjelang Lebaran.

Bulog sendiri telah melakukan persiapan terbaik menyambut tugas ini. Menurut Sutarto pihaknya telah meminjam dana dari perbankan dan sudah berbicara dengan asosiasi distributor daging serta Kadin untuk  urusan kelancaran tugas ini.

(faisal/sir)