Monday, 09 December 2019

Harga BBM Naik, Tarif Angkot Menyusul

Kamis, 20 Juni 2013 — 19:21 WIB
angkot4

SUKABUMI (Pos Kota) – Penyesuaian tarif ongkos angkutan umum (angkot) di Sukabumi, Jawa Barat menunggu kepastian naiknya harga bahan bakar minyak (BBM). Kendati demikian, tarif angkot telah disiapkan. Penyesuaian berdasarkan hasil pembahasan antara Dinas Perhubungan (Dishub) setempat dengan Organisasi Angkutan Darat (Organda) dan para pengurus Kelompok Kerja Unit (KKU) setiap jurusan.

Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi Akhmad Riyadi menyatakan penyesuaian tarif angkot menunggu pengumuman kenaikan harga BBM. Menurut Riyadi, penyesuaian ongkos angkot akan langsung disosialisasikan setelah ada pengumuman resmi.

”Bila sudah resmi ada pengumuman kenaikan harga BBM, tarif penyesuaian ini akan langsung kami sebarkan di terminal dan para pengurus angkutan umum,” kata Riyadi, Kamis (19/6).

Berdasarkan data Dishub Kabupaten Sukabumi, jumlah angkutan umum di wilayah Kabupaten Sukabumi mencapai 2.500 unit. Ribuan angkutan umum tersebut melayani berbagai jurusan yang tersebar di seluruh kecamatan.

Kondisi serupa juga terjadi di Kota Sukabumi. Kenaikan tarif angkot masih menunggu pengumuman pemerintah pusat mengenai harga BBM baru. Kepala Dishub Kota Sukabumi Asep Irawan menuturkan apabila sudah ada pengumuman resmi, pihaknya akan segera membahas rencana kenaikan tarif angkutan umum di Kota Sukabumi.

“Sebagai langkah antisipasi sudah dilakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait. Dalam rapat dihasilkan tiga alternatif kenaikan tarif angkot yang disesuaikan dengan kenaikan harga BBM yang berbeda,” tandasnya. (sule)