Friday, 13 December 2019

Ratusan Warga Ngubek Setu di Situgede

Senin, 24 Juni 2013 — 0:31 WIB
Ngubek-setu1

BOGOR (Pos Kota) –  Ratusan warga  Kelurahan Situ Gede ramai-ramai terjun ke Situgede  di  Kecamatan Bogor Barat  berebut mencari ikan yang disebar sebanyak 1,5 ton, Minggu (23/6).

Kegaitan Ngubek Setu ini digelar setiap tahun jelang datanganya Ramadhan dan sekaligus memeriahkan Jadi Bogor ke -531.

Sebelum acara digelar, ratusan warga  sudah membawa jaring, jala dan peralatan lainnya buat menangkap ikan di setu seluas 4,5 hektar tersebut.

“Horree, kami dapat dua ikan besar nih,” teriak warga menunjukkan ikan yang berhasil ditangkap bersama kelompoknya. Warga lainnya tak mau kalah, mereka malah  mencebur ke situ dari rakit dari bambu, lalu menebar jaringya.

“Sial. Aku dapat yang kecil,” ujarnya. Dia lalu penasaran lalu kembali menebar jaringnya. Ulah warga yang mengubuk setu ini menjadi tontonan tersendiri bagi warga sekitar.  “Senang aja melihat warga mengubek setu mencari ikan,” ucap Irman, warga Kecematan Tanah sarela Kota Bogor  yang datang bersama suami dan tiga anaknya.

Ketua  Panitia Ngubek Setu  Eman Sulaeman mengatakan, kegiatan ini digelar setiap tahun jelang Ramadhan. Untuk mengubek setu ini, pihaknya menyebar ikan sebanyak 1,5 ton yang berasal dari Dinas Pertania dan Perikanan Kota Bogor sebanyak 500 kilogram dan satu ton sumbangan dari masyarakat.

“Ikan yang ditebar bervariasi dan dapat dikonsumsi seperti  ikan mas, nila, mujair, patin, tawes dan tambakang,” katanya.

Wakil Walikota Bogor Ahmad Ru’yat yang membukan acara ini mengatakan  Ngubek Setu merupakan tradisi warga Situ Gede dan masyarakat sekitarnya untuk dapat bersilaturahmi.

“Acara ini juga menjadi tontonan wisata bagi warga serta memberikan pesan bahwa hidup ini harus menyatu dengan alam,” katanya. (iwan/d)