Sunday, 20 October 2019

KPK Kerjasama Dengan Ombudsman Berantas Korupsi

Rabu, 24 Juli 2013 — 0:22 WIB
ombu237

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman RI, sepakat bekerjasama memberantas tindak pidana korupsi. Selanjutnya, kedua lembaga ini dapat saling bertukar informasi dan KPK dapat menindaklanjuti temuan-temuan yang diperoleh Ombudsman terkait kinerja kementerian dan pemerintah daerah.

“Prinsipnya seperti itu, tukar-menukar kasus, tukar-menukar informasi. Kemudian pengalihan kasus dari Ombudsman ke KPK atau sebaliknya,” kata Ketua Ombudsman, Danang Girindrawardana, seusai bertemu pimpinan KPK, di Gedung KPK, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (23/7).

Sebelumnya, Danang datang sekitar pukul 13:00, didampingi wakilnya HJ Azalaini, dan beberapa anggota komisioner lainnya, antara lain bidang pencegahan dan laporan Ombudsman, Budi Santoso dan Hendra Nurtjahyo. Saat datang, Danang mengaku kehadirannya ke gedung KPK untuk mempererat jalinan kerja sama dengan KPK.

“Hanya ingin MOU saja, tentang pencegahan tindak pidana korupsi, tidak untuk menyampaikan laporan,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, Ombudsman memaparkan hasil obeservasi mereka terkait penilaiannya dalam pelayanan publik terhadap 18 kementerian Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II. Ombudsman menyebutkan, lima dari 18 kementerian, mendapatkan rapor merah.

Kelima kementerian itu adalah Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial, Kementerian Tenaga Kerja dan Transportasi, serta Kementerian Pertanian. (yulian)