Monday, 14 October 2019

Operasi 24 Jam, IDI Buka Posko Mudik Lebaran

Selasa, 30 Juli 2013 — 11:36 WIB
idi

JAKARTA (Pos Kota)- Untuk mengurangi dampak negatif terutama terkait kondisi kesehatan pemudik, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) membuka posko mudik di sejumlah titik disepanjang jalur mudik Lebaran 2013. Posko yang beroperasi selama 24 jam tersebut dilengkapi dengan tenaga dokter, obat-obatan dan mobil ambulan.

“Posko mudik IDI lebih fokus di jalan tol karena hampir-hampir tidak ada posko kesehatan atau layanan kesehatan seperti puskesmas di jalur tol,” papar Ketua Umum PB IDI Zaenal Abidin, Selasa (30/7).
Tetapi diluar area jalan tol, PB IDI menghimbau agar seluruh cabang IDI di daerah yang berada di jalur mudik agar membuka posko pelayanan kesehatan untuk para pemudik.

Beberapa posko utama PB IDI antara lain posko masjid Agung Cilegon, posko Serang rest area KM 68, posko kota Bekasi di rest area KM 19, posko Bekasi rest area KM 57, posko kota Bandung dipintu tol Moh Thoha dan posko Kabupaten Bandung Nagreg.
Posko-posko tersebut akan beroperasi  hampir selama sepekan. Rinciannya untuk Bandung 7-11 Agustus, Serang 6-10 Agustus, Bekasi 2-11 dan posko lainnya tanggal 4-11 Agustus.

Menurut Zaenal, tantangan yang dihadapi para pemudik disepanjang jalur mudik tahun ini jauh lebih berat dibanding tahun lalu. Sebab selain jumlah pemudik yang meningkat 5 persen, sarana jalan yang mengalami kerusakan juga kemungkinan munculnya curah hujan selama mudik berlangsung. “Itu semua jelas akan  mengganggu kenyamanan mudik,” tukasnya.
Zaenal berharap dengan posko mudik tersebut, segala gangguan kesehatan bisa diatasi dan angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan seminim mungkin.

(inung/sir)

idiTeks Gbr- Ketua Umum PB IDI Zaenal Abidin bersama tim dokter posko mudik IDI. (inung)