Friday, 22 November 2019

Kapal Bocor, 81 Imigran Gelap Diamankan

Jumat, 2 Agustus 2013 — 16:49 WIB
pantai-sub

MERAK (Pos Kota) – Sebanyak 81 manusia perahu asal Afganistan, Pakistan dan Iran diamankan petugas gabungan Direktorat Polair Polda Banten dan Basarnas. Imigran gelap yang diduga akan mencari suaka politik ke Australia ini ditemukan di perairan Kepulauan Panaitan, Kab. Pandeglang, Banten, Jumat (2/8).

Diperoleh keterangan, imigran gelap yang terdiri dari 69 laki-laki dewasa, 8 wanita dan 4 anak-anak ini tersebut berangkat menggunakan kapal kayu. Dalam perjalanan tiba-tiba kapal yang ditumpangi para imigran tersebut bocor. Setelah sempat terapung-apung dilaut, kapal pengangkut warga asing ini ditemukan petugas patroli Ditpolair dan Basarnas.

Menggunakan kapal milik Basarnas ke 81 imigran langsung dievakuasi. Rencananya kapal yang mengangkut warga Timur Tengah ini akan sandar di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak untuk diserahkan kepada imigrasi setempat.

Kepala Seksi SAR Direktorat Polair Polda Banten, Kompol Noman Trisapto memembenarkan penangkapan imigran tersebut. “Rencananya para imigran ini akan kami serahkan kepada Imigrasi Serang untuk diproses pemeriksaan,” tutur Noman.

Perlu diketahui, penangkapan imigran di Wilayah Banten, sering terjadi dan bahkan hampir terjadi setiap bulan. Anehnya, kapal para imigran tersebut selalu dilaporkan bocor ketika melintas di sekitar Perairan Selat Sunda.

(haryono/sir)