Saturday, 07 December 2019

Harga Daging Sapi di Sukabumi Rp 120 Ribu Perkilogram

Rabu, 7 Agustus 2013 — 19:13 WIB
matemaho78

SUKABUMI (Pos Kota) – Mendekati hari raya Idul Fitri (H-1) harga daging sapi di Sukabumi menembus Rp120 ribu perkilogramnya, Rabu (7/8). Tingginya harga daging sapi ini dipicu banyaknya permintaan. Padahal, pasokan daging sapi ke Sukabumi beberapa pekan terakhir cukup lancar.

Penjual daging sapi di Pasar Cibadak, Suhendi Soex menjelaskan kendati harganya naik tak lantas menyurutkan pembeli, malah sebaliknya. Pemicu tingginya harga daging sapi di pasaran juga disebabkan oleh sudah mahalnya daging sapi di tingkat peternak. Untuk satu kilogram dalam kondisi hidup dihargai Rp90 ribu. Sehingga setelah ditambah ongkos distribusi harga daging menjadi tambah mahal.

“Walaupun pasokan daging sapi impor sudah masuk ke pasaran tetapi tepat tidak menjadi solusi. Hharga daging sapi impor dijual dengan harga paling mahal hanya Rp80 ribu/kg namun peminatnya minim,” akunya.

Minimnya peminat daging sapi impor, lanjut Suhendi, karena kondisi daging yang kurang segar, berair dan terlalu banyak lemak. Maka itu, dia mengandalkan daging sapi lokal dibandingkan dengan yang impor.

“Sehari ini saja daging sapi lokal sudah saya jual sebanyak 1 ton. Beda halnya dengan daging sapi impor baru beberapa kilogram saja yang terjual,” ujarnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Sukabumi, Ela Nurlaela menyebutkan harga daging sapi diprediksi secara perlahan akan turun setelah lebaran nanti. Diprediksi pasca Idul Fitri ini harganya berkisar Rp75 ribu-Rp80 ribu. (sule)