Monday, 16 December 2019

Akibat Ulah Spekulan

Mentan Menduga Harga Daging Tetap Tinggi

Senin, 12 Agustus 2013 — 10:54 WIB
Daging sapi

Daging sapi

JAKARTA (Pos Kota)-Menteri Pertanian Suswono mengaku bingung harga daging sebelum dan sesudah Lebaran tetap tinggi kendati pemerintah telah melakukan operasi pasar daging sapi melalui Bulog. Dia menduga ada spekulan yang ‘bermain’ sehingga harga sulit dikendalikan.

“Sebenarnya pemerintah telah membuka keran impor daging sapi tambahan agar harga daging sapi di pasaran bisa turun. Ternyata harganya tetap saja mahal. Saya jadi penasaran,” katanya.

Menurut dia, harga daging sapi saat ini sudah terlampau mahal. Sebenarnya jika harga daging sapi menjelang Lebaran Rp 90 ribu saja pedagang sudah untung cukup besar.

Karena itulah dia menduga ada pihak-pihak yang memang menanfaatkan situasi untukmengambil untung berlebih. Harga daging sapi yang sampai saat ini masih melambung hingga melampaui harga Rp 100 ribu adalah hal yang sangat tidak wajar.
Apalagi pemerintah sudah sangat akomodatif untuk menurunkan harga daging sapi tersebut dengan melakukan impor tambahan. Pihak Bulog pun sudah berupaya menurunkan harga dengan operasi pasar, dan impor sapi potong.

Mentan mengaku pihaknya sedang memutar otak mencari titik permasalahan yang terjadi agar stabilitas harga daging sapi bisa tercapai. Saat ini dia tengah menyelidiki penyebab harga daging sapi yang belum juga turun.

Bahkan setelah Lebaran saja harga daging di sejumlah pasar tradisional masih diatas Rp 100 ribu. Bahkan para pedagang mengaku tidak berani menyetok daging dalam jumlah besar kecuali untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan mereka.

(faisal/sir)