Wednesday, 13 November 2019

Renang Sumbang Emas Pertama Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2013 — 11:17 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

NANJING (Pos Kota) – Kontingen Indonesia di ajang Asian Youth Games (AYG) II di Nanjing, China, akhirnya berhasil meraih medali emas pertama lewat cabang olahraga renang, berkat sukses Ricky Anggawijaya menjadi jawara di nomor 100 meter gaya punggung. Dengan hasil itu kontingen Indonesia berada di urutan 13 klasemen sementara perolehan medali.

Dalam pertandingan tersebut, Ricky mengalahkan atlet Taiwan, Yang Chunyao dan atlet Korea Selatan, Won Youngjun yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga. Kontingen Indonesia berprestasi cukup gemilang di cabor renang dalam AYG ke-2 di Kota Nanjing, Tiongkok kali ini. Hari sebelumnya, atlet renang putri Monalisa Arieswaty menyabet perunggu di nomor 200 meter gaya kupu-kupu.

Ricky memperoleh kemenangan dengan catatan waktu 58.42 detik. Dengan sukses itu, Indonesia kini menempati urutan 13 kalsemen sementara perolehan medali dengan perolehan satu emas, dua perak (masing-masing dari cabang renang dan atletik), dan dua perunggu (dari cabang renang dan atletik). Untuk wilayah di zona Asia Tenggara, kontingen Indonesia berada di urutan kelima, dibawah Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia.

Sukses renang di AYG merupakan kejutan. Maklum, sebelumnya harapan untuk meraih medali perak di cabang olahraga unggulan seperti bulutangkis dan angkat besi, gagal terwujud.

(junius/sir)