Tuesday, 12 November 2019

Ratusan Napi Digembleng Urus Jenazah

Jumat, 23 Agustus 2013 — 13:46 WIB
dipenjara20

SUKABUMI (Pos Kota) – Ratusan narapidana yang mendekam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Nyomplong, Sukabumi belajar cara mengurus jenazah. Di samping memberikan ilmu, pembelajaran ini juga untuk menyadarkan mereka agar lebih baik. Dengan begitu, para napi diharapkan betah dan tidak berniat kabur seperti yang terjadi di lapas-lapas lainnya.

Kepala Lapas kelas III Nyomplong Sukabumi M Latif menyebutkan pembelajaran mengurus jenazah merupakan salah satu kegiatan yang diberikan kepada warga binaan. Latif mengharapkan  pelatihan dapat menyadarkan diri kesadaran napi selama menjalani hukumannya ataupun setelah menghirup udara segar.

“Program ini sesuai yang kita agendakan setiap bulannya. Dengan diisi  berbagai kegiatan yang positif diharapkan setiap warga binaan sadar akan berprilaku hidup baik. Sehingga mereka akan lebih nyaman menjalani hidupnya di dalam lapas,” kata Latif.

Harapan lainnya, lanjut Latif yakni para warga binaan tidak melakukan pemberontakan seperti dilapas lainya. Caranya yakni membangun komunikasi dengan warga binaan  agar tidak terjadi konflik yang menimbulkan kerusuhan.

(sule/sir)