Wednesday, 20 November 2019

Kalahkan Ronaldo dan Messi, Ribery Pemain Terbaik Eropa

Jumat, 30 Agustus 2013 — 11:10 WIB
ribery-terbaik-eropa

MONACO (Pos Kota) – Gelandang sayap asal Prancis, Frank Ribery terpilih sebagai pemain terbaik Eropa versi UEFA musim 2012-2013. Pemain yang sukses membawa Bayern Muenchen menjadi jawara Liga Champions itu sukses menjadi yang terbaik setelah menyingkirkan dua nominasi lainnya yakni penyerang Barcelona, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid dalam acara bertajuk gala dinner di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis 929/8) malam waktu setempat atau Jumat (30/8) dinihari WIB tadi.

Ajang ini merupakan acara tahunan yang digelar UEFA sebagai induk organisasi sepakbola tertinggi di Eropa. Pemenang ditentukan berdasarkan pilihan dari para jurnalis Eropa yang mempunyai hak pilih.  Penyerahan trofi pemain terbaik ini langsung diserahkan oleh presiden UEFA Michel Platini, bersamaan dengan pengundian fase grup Liga Champions musim ini. Terpilihnya Ribery sebagai pemain terbaik bukan hal yang mengejutkan.

Pasalnya, ia berhasil membawa klubnya meraih tiga trofi sekaligus, yakni juara Bundesliga, Piala Jerman, dan Liga Champions Eropa sepanjang musim 2012-2013 lalu. “Ini adalah momen istimewa bagi saya bisa berada  disini petang ini. Saya ingin berterimakasih pada rekan-rekan satu tim saya  dan direktur di Bayern serta para suporter,” kata Ribery seperti dikutip laman resmi UEFA, usai menerima penghargaan.

Selain Ribery, Messi, dan Ronaldo juga terdapat tujuh pemain lainnya yang sebelumnya masuk dalam 10 nominasi pemain terbaik Eropa. Posisi ke empat ada nama pemain Bayern lainnya Arjen Robben disusul juru gedor Borussia Dortmund, Robert Lewandowski. Rekan satu tim Ribery lainnya Thomas Muller dan Bastian Sweinsteiger menghuni peringkat ke enam dan ketujuh disusul utusan Liga Inggris, Gareth Bale di tempat ke delapan.

Dua posisi terbawah dihuni oleh penyerang Paris Saint Germain, Zlatan Ibrahimovic dan bintang Manchester United, Robin Van Persie. Tahun lalu anugerah ini diraih oleh gelandang Barcelona asal Spanyol, Andres Iniesta. Sementara untuk musim 2010-2011 diraih bomber Barcelona asal Argentina, Messi.

(junius/sir)

  • Nedved Nagara

    sangat wajar