Friday, 06 December 2019

3,1 Juta Warga Kabupaten Bogor Pilih Bupati dan Wakil

Sabtu, 7 September 2013 — 16:28 WIB

BOGOR  (Pos Kota) – Sebanyak 3.196.420 warga Kabupaten Bogor yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Minggu (8/9), akan memilih Bupati dan Wakil Bupati  Bogor untuk periode 2013-2018.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Achmad Fauzi mengatakan, secara keseluruhan 99 persen logistik Pilbup sudah siap.
“Hari ini kita tinggal mengirim kekurangan salinan lembaran untuk saksi masing-masing calon saja. Kalau kertas dan kotak suara bersama bilik suara sudah siap semuanya,” kata Achmad, Sabtu (7/9).
Ia menjelaskan, sebanyak 3.196.450 warga Kabupaten Bogor yang masuk dalam DPT. Mereka akan menggunakan hak pilihnya di 7.716 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 40 kecamatan dan 434 Desa atau Kelurahan.

“Sementara surat suara yang dicetak sebesar Daftar Pemilih Tetap (DPT)  ditambah 2,5 persen itu juga sudah disebar ke masing-masing TPS,” paparnya. Pilbub Kabupaten Bogor yang digelar pada hari Minggu, 8 September 2013, diikuti 4 pasangan calon.

Dua pasang dari jalur independen dan 2 pasangan diusung oleh partai politik. Pasangan nomor urut 1, Ir. H. Gunawan Hasan dan H. Muhamad Akri S.Pd. Nomor urut 2, pasangan R. Alex Sandi Ridwan, S.IP, M.SI dan Husen Habib Hengky Tarnando. (Pasangan nomor 1 dan 2 dari jalur independen. Sementara pasangan nomor urut 3, Drs. H. Rachmat Yasin, MM dan Hj. Nurhayati, SH, Pasangan ini diusung PPP berkoalisi dengan Partai Demokrat, Golkar, Gerindra, Hanura, Nasdem, PKS, PKB, PAN, PKPI.

Nomor urut 4, pasangan H. Karyawan Faturachman, SH. MH dan Ir. Adrian Arya Kusuma. Pasangan ini diusung PDI-Perjuangan dengan Partai Bulan Bintang (PBB).
Kapolres Bogor, AKBP Asep Safrudin mengatakan, sebanyak 9 titik rawan terjadinya kerusuhan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan Pilkada Kabupaten Bogor. Pihaknya mengaku sudah melakukan berbagai upaya pencegahan dan antisipasi terjadinya kerusuhan.

“Saat pelaksanaan pencobolosan dijaga sebanyak 2.300 personil, 1.500 personil di antaranya berasal Polres Bogor, 300 personil Brimob Polda Jabar, dan 500 gabungan personil Polres Cianjur, Sukabumi dan Dalmas Polda Jabar,” kata AKBP Asep.

Menurutnya, dari 9 titik rawan itu salah satunya tersebar di Kecamatan Gunung Putri yang merupakan daerah kediaman Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekaligus TPS nya.

“Kediaman RI 1 itu pengamanannya khusus di ring 1 itu Paspampres, dan Polres Bogor. Karena SBY akan mencoblos di TPS yang letaknya sekitar 500 meter dari kediamannya,” terangnya. (yopi/yo)

Teks foto:

Kapolres Bogor, AKBP Asep Safrudin. (yopi)