Wednesday, 23 October 2019

Bungkam Bulgaria, Italia Selangkah Lagi ke Piala Dunia

Sabtu, 7 September 2013 — 7:00 WIB
gilardino79

PALERMO (Pos Kota) – Tim ‘Gli Azzuri’ Italia kini hanya butuh satu kemenangan untuk berlaga di Piala Dunia 2014 di Brasil setelah sukses mempertahankan posisi sebagai pimpinan klasemen sementara Grup B di ajang kualifikasi zona Eropa. Bermain di Stadio Renzo Barbera, Palermo, tim asuhan Cesare Prandelli itu berhasil menambah tiga angka usai mengalahkan Bulgaria 1-0, berkat gol tunggal Alberto Gilardino.

Hasilnya, Italia kokoh pimpin Grup B dengan 17 poin atau unggul tujuh angka dari Bulgaria di urutan kedua. Dengan tiga laga tersisa, Italia hanya butuh satu kemenangan untuk memastikan langkah mereka ke Brasil tahun depan. Penentuan itu akan terjadi saat Italia menjamu Republik Ceko Rabu (11/9) dinihari WIB besok. Sebaliknya, Bulgaria masih akan bersaing dengan Ceko, Armenia, dan Denmark dalam perebutan tempat ke babak play-off.

Baik Ceko, Armenia, dan Denmark kini menempati urutan ketiga, keempat, dan kelima dengan koleksi sembilan angka masih punya peluang. Maklum, pada ari yang sama, Ceko secara mengejutkan takluk 1-2 dari tamunya Armenia. Sedangkan Denmark sukses memetik kemenangan 2-1 atas Malta yang kini menjadi juru kunci Grup B dengan tiga angka dan sudah dipastikan gagal berangkat ke Brasil, tahun depan.

PEMBUKTIAN

Kemenangan Italia atas Bulgaria sendiri, menjadi ajang pembuktian bagi Prandelli, sebagai sang allenatore. Meski isu seputar kepergiannya dari bangku pelatih Italia pasca Piala Dunia 2014 terus berhembus, mantan arsiek Fiorentina itu mampu menjalani tugasnya degan baik. Mememang tidak tampil garang, namun setidaknya Prandelli berhasil membuktikan tekad Gli Azzurri untuk meraih gelar kelima mereka di Piala Dunia.

Tampil dengan formasi 4-3-2-1 di depan pendukungnya sendiri, Gli Azzurri yang diperkuat Daniele De Rossi, Thiago Motta, dan Andrea Pirlo di lini tengah, langsung memberikan ancaman sejak awal babak pertama. Pun, gol yang mereka harapkan baru tercipta di menit ke-38 lewat aksi Gilardino. Aksi itu sekaligus merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan tuan rumah yang bertahan hingga laga bubaran. (junius)

Gilardino pahlawan Italia