Monday, 14 October 2019

Saat Jamu Amerika Serikat

Kosta Rika Ingin Tuntaskan Balas Dendam

Sabtu, 7 September 2013 — 6:44 WIB
ilusko

 

SAN JOSE (Pos Kota) – Dua tim penghuni klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Utara dan Tengah (Concacaf), yakni Amerika Serikat (AS) dan Kosta Rika bakal saling bunuh demi mengamankan posisi di Stadion Nacional, Sabtu (7/9) pagi WIB nanti. Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Kosta Rika berharap dapat menuntaskan misi ‘balas dendam’ atas kekalahan mereka dari Amrik bulan Maret lalu.

Tepatnya, pada 23 Maret 2013 lalu, di mana kubu Kosta Rika meminta agar pertandingan saat itu ditunda lantaran kondisi lapangan yang buruk. Namun permintaan itu ditolak oleh otoritas Asosiasi Sepak Bola Concacaf sehingga Kosta Rika dipaksa menyerah 0-1 lewat gol tunggal Clint Dempsey (16′). Kekalahan itu membuat fans Kosta Rika marah dan menilai otoritas Sepak Bola sengaja membuat Amrik leluasa menududuki posisi tertinggi klasemen sementara.

Kali ini, fans berharap tim kesayangan mereka bisa membalikkan keadaan saat menjamu Amrik di Stadion Nacional. Ya, kemenangan atas Amrik pada laga nanti, bisa membuat Kosta Rrika bertukar tempat di posisi tertinggi. Dengan empat laga tersisa, Amrik masih memimpin klasemen dengan 13 poin dan hanya unggul dua angka dari Kosta Rika di posisi kedua. Pun, pelatih Kosta Rika, Jorge Luis Pinto memperingatkan tmnya untuk tetap bermain tenang.

Menurutnya, ada banyak hal yang membuat laga nanti berlangsung lebih keras seiring posisi kedua tim. “Tingginya tensi permainan selama pertandingan bisa terjadi dalam situasi seperti ini. Mereka akan ngotot mencuri poin demi mengamankan posisi. Begitu juga kami yang ingin mengambil alih pimpinan klasemen. Namun saya memperingatkan kepada para pemain untuk tetap bermain teang dan tidak mudah terpancing emosi,” tegas Pinto seperti dikutip Reuters.

Di sisi lain, pelatih Amrik, Jurgen Klinsmann tidak akan membiarkan timnya pulang dengan tangan hampa. Tekad itu bahkan sudah dimiliki sang kapten, Landon Donovan. “Kami memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan Kosta Rika dan tidak ada alasan mengapa kita tidak bisa datang dan membawa pulang kemenangan. Ini akan menjadi pertandingan yang berbeda dari laga kualifikasi lainnya,” tegas Donovan.

Amrik belum pernah menang setiap bermain di Kosta Rika sejak 1980 silam. Dari enam tim yang finis di posisi tiga besar akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2014. Sementara posisi keempat masih akan melakoni laga play-off sebelum bisa mengantongi tiket ke Brasil tahun depan. Sebelum Kosta Rika dan Amrik bentrok, Meksiko di psosisi ketiga (8) sudah lebih dulu menjamu posisi keempat Honduras (7) dan Panama versus Jamaica pada hari yang sama. (junius)

REKOR PERTEMUAN:
17-07-13, Amrik v Kosta Rika 1-0
23-03-13, Amrik v Kosta Rika 1-0
03-09-11, Amrik v Costa Rica 0-1
15-10-09, Amrik v Costa Rica 2-2