Wednesday, 16 October 2019

Diwarnai Tiga Kartu Merah

Ronaldo Hattrick, Portugal Gebuk Irlandia Utara 4-2

Sabtu, 7 September 2013 — 7:10 WIB
ronltiga79

BELFAST (Pos Kota) – Harapan Portugal membawa tiga poin penuh, dituntaskan Cristiano Ronaldo dengan hattricknya yang memastikan kemenangan skuad besutan Paulo Bento atas tuan rumah Irlandia Utara 4-2 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa di Windsor Park, Sabtu (7/9) dinihari WIB tadi. Dengan hasil itu, Portugal sukses mempertahankan posisi sebagai pimpinan Grup F dengan total 17 poin dari delapan laga yang sudah dilakoni.

Ronaldo dan kawan-kawan unggul dua angka dari Rusia yang baru melakoni tujuh laga di urutan kedua setelah melumat Luksemburg 4-1 pada hari yang sama. Sedangkan Irlandia Utara harus puas di urutan keempat dengan enam poin dan terdepak dari perebutan tiket ke Brasil tahun depan. Bermain di depan pendukungnya sendiri, Irlandia Utara sebenarnya sempat tampil mengejutkan saat mereka bangkit dari ketertinggalan.

Tertinggal 0-1 lewat gol Bruno Alves pada menit ke-21, anak-anak asuh Michael O’Neill itu akhirnya bisa menyamakan kedudukan berkat gol Gareth McAuley, 15 menit kemudian. Skor pun berbah menjadi 1-1 untuk kedua tim sebelum Portugal akhirnya harus bermain dengan 10 orang akibat akibat kartu merah Hélder Postiga di menit ke-43. Unggul jumlah pemain, membuat Irlandia Utara semakin leluasa mengendalikan permainan.

Buktinya, skuad O’Neill bangkit dan berhasil mengubah keadaan untuk berbalik unggul menjadi 2-1, berkat gol Jamie Ward (52′). Merasa terancam, Portugal terus melakukan tekanan sehingga memaksa Irlandia Utara kelabakan sebelum akhirnya bermain dengan 10 orang akibat kartu kuning kedua Chris Brunt (61′). Situasi itu dimanfaatkan Ronaldo untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2, lewat golnya (68′).

Bomber Real Madrid itu bahkan kembali menjadi momok setelah mampu mencetak gol keduanya dalam laga itu pada menit ke-77, sekaligus membawa Portugal kembali unggul menjadi 3-2. Sayang, di saat usaha untuk mengejar ketinggalan, Irlandia Utara justru kembali harus menerima kerugian setelah Kyle Lafferty menerima kartu merah (80′) dan membuat skuad O’Neill harus bermain dengan sembilan orang.

Unggul jumlah pemain, akhirnya dimanfaatkan Ronaldo untuk mencetak gol penambah kemenangan Portugal pada menit ke-83, sekaligus melengkapi hatriknya dalam laga itu. Skuad Bento pun pulang dengan torehan tiga angka. Hasil itu sekaligus membuka peluang Portugal untuk berlaga di Piala Dunia tahun depan, semakin terbuka lebar. Maklum, di dua laga tersisa pada Oktober mendatang, Portugal bakal menjamu lawan lemah, Isarel dan Luksemburg. (junius)

Teks : Ronaldo berhasil menciptakan tiga gol ke gawang Irlandia Utara