Wednesday, 23 October 2019

24 Imigran Asal Sudan Ditangkap di Sukabumi

Rabu, 11 September 2013 — 22:34 WIB
Boat People-2

SUKABUMI (Pos Kota) – Sebanyak 24  imigran gelap asal Sudan berhasil ditangkap di dua lokasi berbeda di Kabupaten Sukabumi.

Mereka diamankan ketika hendak  menyebrang ke Australia untuk mencari suaka, Rabu (11/9).

Jumlah total imigran asal Sudan itu yakni sebanyak 24 orang. 11 imigran  ditangkap wilayah Kecamatan Warungkiara saat menuju Palabuhanratu, sisanya  13 orang lainnya ditangkap di dekat pantai di Kecamatan Ciemas.

Kasat Intelejen Polres Sukabumi, AKP Sumaryoto menjelaskan para imigran itu  menggunakan kendaraan sewaan dari Cisarua, Bogor. Diduga puluhan imigran gelap ini hendak menyebrang ke Pulau Christmas, Australia melalui perairan laut Sukabumi.

“Penangkapan ini berawal dari informasi warga. Setelah diamankan kami data dan diserahkan ke Kantor Imigrasi Sukabumi,” kata Sumaryoto.

Diakui Sumaryoto, perairan laut di Sukabumi kerap menjadi sasaran para imigran gelap asal Timur Tengah yang ingin menyebrang ke Australia. Pasalnya lokasi pantai Pelabuhanratu  jaraknya cukup dekat.

“Untuk mengantisipasi terjadinya aksi serupa kami sudah berkoordinasi dengan berbagai intansi dan masyarakat pesisir pantai. Sehingga apabila ada kejadian serupa bisa lebih cepat diantisipasi,” ungkapnya. (sule/d)