Friday, 06 December 2019

Pedagang Kaki-5 Pasar Gembrong Nekat Jualan Lagi

Jumat, 13 September 2013 — 8:47 WIB
iluspasar

JATINEGARA (Pos Kota) – Pedagang Kaki-5 nekat kembali berjualan di trotoar sekitar Pasar Gembong, Jatinegara, Jakarta Timur, karena di tempat penampungan sepi pembeli. “Meski harus kucing-kucingan dengan Satpol PP, kami terpaksa lakukan. Di tempat baru sepi pembeli,” tutur Janim, pedagang, kemarin.

Pedagang karpet ini berjualan di trotoar memanfaatkan kelengahan aparat. Bila Satpol PP datang dan menjaga ketat, mereka tidak berjualan. Sebaliknya bila aparat tidak ada ia nekat berjualan.

Ia mengaku di Pasar Klender sepi pembeli. “Kami ingin berjualan di sekitar Pasar Gembrong saja. kalau di tempat relokasi bisa-bisa anak istri gak makan. Sepi banget,” sambungnya.

300 PETUGAS

Kepala Satpol PP Jakarta Timur, Syahdonan, menegaskan phaknya saban hari mengerahkan 300 petugas menjaga areal Pasar Gembrong, sehingga Kaki-5 tidak berjualan di badan jalan atau trotoar.

“Kami bagi dua kelompok, pagi hari dijaga 150 petugas dan sore 150 petugas. Kami tidak akan mentolerir Kaki-5 berjualan di badan jalan atau trotoar,”tegasnya

Sebelumnya, pedagang karpet menolak relokasi ke Pasar Klender karena dianggap lokasinya jauh dan tidak strategis. Sedangkan pedagang mainan ditempatkan di Pasar Cipinang Besar. Tercatat ada sebanyak 44 pedagang karpet yang belum mau mengambil kios di Pasar Klender.

Lurah Cipinang Besar Selatan, Ibrahim, mengatakan sudah melakukan upaya untuk mencari lahan bakal relokasi pedagang karpet yang lokasinya tidak jauh. Hanya saja hal ini terbentur dana yang tidak memadai.

Camat Jatinegara, Syofian Taher, mengatakan tetap menolak keinginan pedagang agar diberi toleransi berdagang di trotoar. Pedagang karpet tetap direlokasi ke Pasar Klender. (chotim/st)

  • warga

    duit bicara lah kl sm satpol pp… asal kasih 20rb satu pedagang pasti dikasih jualan secara jokowi ga tau… maklum mental odonk2 satpol pp

  • Kenshi78

    udah gusur aj pake buldoser,,bikin macet jalan aj tuh!!jualan sih jualan tpi jgn rugiin orang lain dong!!