Wednesday, 11 December 2019

Tujuh Kecamatan di Sukabumi Kekeringan

Jumat, 27 September 2013 — 7:51 WIB
Musim kemarau. (ilustrasi)

Musim kemarau. (ilustrasi)

SUKABUMI (Pos Kota)- Tujuh dari 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat dilanda krisis air bersih. Ketujuh kecamatan yang berada di selatan Sukabumi ini merupakan daerah rawan kekeringan. Akibatnya, warga di ketujuh kecamatan berharap adanya suplay air bersih untuk kebutuhan sehari-hari seperti masak dan minum.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo menyebutkan baru ada tujuh kecamatan yang melaporkan krisis air bersih. Ketujuh kecamatan itu yakni Cikembar, Purabaya, Bantargadung, Palabuhanratu, Surade, Jampang Kulon, dan Cimanggu.

“BPBD berencana akan membuatkan sumur bor di beberapa kecamatan tersebut. Lokasi daerah itu a di pelosok dan sulit ditempuh dengan kendaraan besar. Kalau wilayah yang bisa dijangkau kendaraan, BPBD sebenarnya bisa membawa air bersih dengan menggunakan truk tangki air,” jelas Usman.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Sukabumi Irwan Fajar mengingatkan agar semua kecamatan melaporkan adanya kekeringan kepada pemerintah. Dengan begitu, pemerintah akan dengan cepat menanggulanginya.

“BPBD sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan kekeringan. Misalnya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (DPTP), Dinas Pengairan dan Sumber Daya Air (PSDA), dan Badan Lingkungan Hidup (BLH). Sehingga penanganan dampak kekeringan bisa lebih cepat,” ungkapnya. (sule)

  • surghani shamad e

    TUGAS PU DAERAH PERLUAS SALURAN AIR SEKUNDER DAN TERTIER AGAR SAWAH2 MENDAPAT ALIRAN AIR BUKAN DIJUAL JADI PROPERTI. BAGAIMANA BICARA MANDIRI KALAU BERAS SAJA HARUS IMPOR 2,5 TON.SETIAP TAHUN, SEDANGKAN LAHAN SAWAH TIDAK MENDAPAT AIR. STOP TUH IJIN2 AQUA YANG 51% MENGUASAI AIR NKRI.

  • surghani shamad e

    KLAU KEMENTERIAN PU PUSAT DAN DAERAH TIDAK BANGUN SALURAN AIR SEKUNDER TERCIER. NKRI BISA MENJADI ETHIOPIA KEDUA YANG KERING DAN MISKIN.