Friday, 13 December 2019

Polsek Gerebek Pabrik Miras, Ibu dan Anak Diciduk

Selasa, 1 Oktober 2013 — 15:48 WIB
pademangan-sub

PADEMANGAN (Pos Kota) – Dua tersangka, Njun Kai, 58 dan Budiyanto, 32 yang memproduksi minuman keras jenis Arak/Ciu putih ternyata dilakukan Ibu dan anak. Usaha ilegal itu dijalankan keluarga besarnya turun temurun sejak almarhum suaminya, N meninggal.

“Kerjaan kita tidak ada, untuk makan sehari-hari dari mana ? Makanya usaha ini kita lanjutkan begitu suami saya meninggal,” kata Njun Kai.

Di rumah berlantai 3  di Jalan Pademangan 4, RT18/08, Pademangan, Jakarta Utara itu, mereka memproduksi Arak hampir satu tahun. Dalam menjalankan usaha ilegalnya tersebut kegiatannya tertutup dan warga sekitar tidak mengetahui. Barang bukti 42 drum arak/Ciu, 7 Galon, 8 Jiregen, 30 botol air mineral, 2 set Panci Penyulingan, 5 tabung gas LPG ukuran 12 kg, 6 karton botol kosong kemasan, 3 kompor gas, 1 bungkus ragi untuk fermentasi, ditemukan di lantai dua.

“Kegiatan memproduksi miras itu dikerjakan di lantai dua. Kita lakukan pengintian berkat informasi masyarakat,” kata Kapolsek Pademangan Kompol Andri Ananta Yudistira.

Dalam sebulan mereka bisa memproduksi 50 jirigen arak putih di jual ke pedagang jamu di pinggir jalan.

Penggrebekan pabrik miras tersebut berlangsung, Selasa (1/10) dinihari. Dari lokasi polisi mengamankan dua orang yaitu, Njun Kai, 58 (pemilik) dan Budiyanto, 32.

Kompol Adre Ananta mengatakan,  minuman tersebut di produksi dengan cara fermentasi dan penyulingan. “Menurut keterangan tersangka, mereka sdh hampir 1 tahun menjalankan bisnis produksi miras tanpa ijin. Kita masih lakukan pemeriksaan terhadap mereka,” jelas Andre.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dijerat pasal 24 (1) UU No 5 Tahun 1984 tentang Perindustrian Juncto pasal  62 UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Subsider Pasal 140 dan 142 UU No 18 Tahun 2012 tentang Pangan ancaman di atas 5 tahun penjara.

(ilham/sir)

Teks Gbr- Kapolsek Pademangan, Kompol Andri Ananta didampingi Kanit, Iptu Suseno Adi memeriksa miras jenis Arak/Ciu putih di lantai dua rumah tersangka. (ilham)