Friday, 06 December 2019

85 SMP Tambah Pelajaran Agama di Sukabumi

Kamis, 3 Oktober 2013 — 20:19 WIB
Anak SD

SUKABUMI (Pos Kota) – Sedikitnya  85 SMP  di Kabupaten Sukabumi ditambah waktu pelajaran agamanya. Penerapan program Diniyah Takmiliyah Wustho (DTW) yang terintegrasi dengan SMP formal sejak setahun lalu.

Kepala Bagian Bina Keagamaan Pemkab Sukabumi, Ali Iskandar mengatakan penerapan pendidikan DTW ini sudah dijalankan sejak 2012 lalu. Tahun lalu,  jumlah sekolah yang menerapkanya baru sebanyak 48 sekolah dari jumlah sekolah mencapai 200 unit. Pada 2013, jumlah yang menerapkan DTW bertambah sebanyak 37 sekolah.

“Puluhan sekolah tersebut akan mendapatkan tambahan pendidikan agama Islam sebanyak empat jam per minggu. Total selama sepekan para murid akan mendapatkan mata pelajaran agama sebanyak enam jam. Normalnya waktu pelajaran agama di sekolah-sekolah hanya dua jam per minggu,” kata Ali, Kamis (3/10).

Penambahan waktu pelajaran agama ini, kata Ali, merupakan  upaya memperkuat pengetahuan dan pemahaman mengenai agama sejak dini kepada anak-anak.

Ketua Gerakan Muslim Bersatu Sukabumi, Hermawan mengatakan penambahan jam belajar agama ini memang perlu direalisasikan di semua SMP. Diharapkan  selepas sekolah nanti anak-anak mempunyai bekal agama yang cukup untuk hidup bermasyarakat.

“Dengan menanamkan pemahaman pelajaran agama sejak dini ke depannya diharapkan menjadikan generasi yang berakhlakul mulia. Seharusnya di semua tingkatan sekolah atas diberlakukan bahkan bila perlu hingga di bangku kuliah,” ucapnya. (sule/d)