Monday, 14 October 2019

Kasau Buka Latihan Puncak Angkasa Yudha

Senin, 7 Oktober 2013 — 15:16 WIB
kasau-sub

JAKARTA (Pos Kota) – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, membuka Latihan Puncak TNI AU Angkasa Yudha tahun 2013 di Lanud Halim perdanakusuma, Senin (7/1)).

Dalam sambutannya Kasau mengatakan, latihan ini  pada hakekatnya merupakan implementasi dari amanat Undang-Undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dimana TNI AU mempunyai kewajiban melaksanakan tugas TNI Matra Udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan mejaga keamanan udara nasional, pengembangan kekuatan matra udara dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Latihan ini juga ditunjukan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel jajaran Koopsau I, Koopsau II, Korpaskhas dan Dinas terkait. Mulai dari tahap Geladi Posko yang akan dilaksanakan di Seskoau mulai 21-24 Oktober yang dilanjutkan Geladi Lapang yang dilaksanakan mulai 28 Okrober hingga 1 November yang menggunakan lokasi Batam, Pontianak dan di Ranai Kepulauan Natuna sebagai pusat latihan.

”Latihan ini menerapkan prinsip unity of command, yang tercermin mulai Geladi Posko hingga Geladi Lapang dimana akan diterapkan rangkaian Operasi Pertahanan Udara, Operasi Serangan Udara Strategis, Operasi Lawan Udara Ofensif, Operasi Dukungan Udara dan Operasi Informasi”, jelas Kasau.

kasau-tengah
Oleh karenanya dalam upaya menyiapkan kemampuan dan kekuatan untuk melaksanakan seluruh operasi udara, maka latihan Angkasa Yudha sebagai ajang latihan puncak TNI Angkatan Udara untuk meningkatkan profesionalisme prajurit maupun satuan. Apa yang pernah dilatihkan sebelumnya itulah yang dilaksanakan dan diujikan serta harus dievaluasi untuk perbaikan dimasa mendatang.

Diakhir sambutan Kasau menekankan agar jangan melampaui batas limit kemampuan atau “know your limitation”, meskipun sudah menggunakan didalam penggunaan alutsista modern dan tehnologi informasi, namun harus sadar bahwa tehnologi dan manusia punya batas kemampuan, ujar Kasau.

(dispenau/sir)