Saturday, 19 October 2019

Status Tangkuban Perahu Ditentukan Sabtu ini

Jumat, 11 Oktober 2013 — 20:15 WIB
Tangkuban Perahu-n

BANDUNG (Pos Kota) – Nasib Gunung Tangkuban Parahu akan ditentukan hari Sabtu (12/11) ini.

Meski kondisi getaran dari kawah sudah agak berkurang, namun tim vulkanologi belum berani menyakan apakah ada penurunan status atau belum.

“Kami akan mendapat keputusan bespk (Sabtu, 11/10).  Tim akan ke lokasi untuk melakukan pemantauan. Hasilnya akan menentukan nasib status  gunung apakah masih ‘waspada’, ‘normal’ dan ‘aman’,“ kata Gede Suantika, pejabat pelaksana pemantau gunung api pusat vulkanologi,  Jumat (11/10).

Dia menambahkan, letusan kawah Letusan Tangkuban Parahu 2013 memiliki sejarah tersendiri. Karena, dalam sepekan gunung sudah meletus 11 kali. Letusan ini jaiuh berbeda dengan beberapa tahun ke belakang. “Sebanyak 11 kali letusan dalam tempo seminggu merupakan sejarah. Tapi sekarang sudah sedikit menurun,“ katanya.

Kondisi Tangkuban Parahu, lanjut Gede, getaranya sudah mulai menurun termasuk asap pun yang keluyar sudah menipis. Meski begitu, lanjutnya bulan berarti gunung sudah aman dan statuisnya akan berubah.

“Kini statusnya masih waspada. Penurunan menjadi status normal tergantung hasil penelitian besok. Apakah masih waspada atau sudah normal,“ tandasnya ke wartawan. (Dono/d)