Tuesday, 22 October 2019

Yunani dan Bosnia-Herzegovina Bersaing Ketat

Sabtu, 12 Oktober 2013 — 11:04 WIB
timnas-yunani

PIRAEUS (Pos Kota) – Jawara Piala Eropa 2004, Yunani masih akan bersaing ketat dengan Bosnia-Herzegovina dalam memperebutkan tiket otomatis ke Piala Dunia 2014 pada laga pamungkas yang digelar secara serntak, Rabu (16/10) dinihari WIB besok. Hal itu dipastikan setelah kedua tim sama-sama memetik poin penuh atas lawan-lawan mereka dalam lanjutan Grup G Kualfikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa, Sabtu (12/10) dinihari WIB tadi.

Dari enam tim di Grup G, Bosnia-Herzegovina mampu mengamankan posisi tertinggi dengan 22 poin dari sembilan laga yang sudah dilakoni, usai melumat Liechtenstein 4-1, dinihari tadi. Namun posisi Bosnia-Herzegovina masih belum sepenuhnya aman karena hanya unggul produktivitas gol dari Yunani di posisi kedua pasca menang tipis 1-0 atas Slowakia. Praktis, hanya Yunani dan Bosnia-Herzegovina yang akan bersaing ketat memperebutkan tiket tersisa ke Brasil, tahun depan.

Maklum, kedua tim unggul jauh 10 angka dari Slowakia di urutan ketiga, disusul Lithuania (11), Ltavia (7), dan juru kunci Liechtenstein (2). Di satu laga tersisa, empat hari berselang, Yunani akan akan menjamu Liechtenstein, sementara Bosnia-Herzegovina menyambangi Lithuania. Menjamu Liechtenstein di Stadion Bilino Polje, Bosnia-Herzegovina sukses memetik kemenangan mudah dengan skor 4-1.

Adalah Edin Dzeko yang sukses mencetak dua dari empat gol ke gawang Liechtenstein pada menit 27 dan 39. Sementara dua gol lainnya dicetak Zvjezdan Misimovic (34′) dan Vedad Ibisevic (38′). Sedangkan satu-satunya gol balasan Liechtenstein dicetak David Hasler (61′). Sebaliknya, Yunani harus bersusah payah untuk bisa memetik kemenangan atas tamunya Slowakia di Karaiskaki. Satu-satunya gol penentu kemenangan Yunani dicetak lewat gol bunuh diri Martin Skrtel di menit ke-44.

Pada laga lainnya di Grup G, Lithuania berhasil menekuk Latvia 2-0. Sedangkan laga lainnya yang sudah tidak menentukan terjadi saat Moldova gilas San Marino 3-0 di Grup H. Azerbaijan tekuk Irlandia Utara 2-0 di Grup F. Islandia lipat Siprus 2-0 dan Slovenia libas Norwegia 3-0 di Grup E. Bulgaria kalah 1-2 dari Armenia dan Republik Ceko lumat Malta 4-1 di Grup B, serta Wales menang tipis 1-0 atas Makedonia 1-0. (junius/yo)