Wednesday, 11 December 2019

Kaki-5 Kebayoran Lama Segera Direlokasi

Senin, 14 Oktober 2013 — 14:22 WIB
pasar-kebayoran-lama

KEBAYORAN LAMA (Pos Kota) – Upaya revitalisasi pedagang kaki-5 di Pasar Kebayoran Lama segera dikebut Pemko Jakarta Selatan.

“Kami sedang memburu lahan kosong di Jalan Kramat untuk memboyong sekitar tiga ribuan pedagang kaki-5 di Pasar Kebayoran Lama,” kata Walikota Jaksel, Syamsudin Noor, Senin (14/10).

Dalam proses perburuan itu Pemko Jaksel tak sendirian. Namun menggandeng Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta untuk bernegosiasi dengan pemilik lahan yang diincar.

Di lahan di Jl Kramat yang akan dijadikan sebagai tempat relokasi PKL Kebayoran Lama, memiliki lahan 3.188 meter persegi. Ia optimis dalam tiga bulan mendatang, lahan tersebut sudah dapat digunakan.

Secara terpisah Camat Kebayoran Lama, Agus Irwanto mengatakan pihaknya mendata 2.898 pedagang kaki-5 di Pasar Kebayoran Lama yang akan direlokasi.

“Sedangkan kapasitas tempat di sejumlah pasar sekitar Kebayoran Lama amatlah terbatas,” ujarnya.

Misalnya Pasar Cidodol memiliki 84 tempat, Bata Putih 403 tempat dan PD Pasar Jaya Kebayoran Lama hanya 64. Untuk Pasar Santa dan Palmerah belum dikordinasi karena di luar wilayah Kebayoran Lama.

Kepala Suku Dinas KUMKMP Jaksel, Nurjanah menguraikan dana pembebasan lahan dialokasikan oleh Dinas KUMKMP DKI Jakarta berkisar Rp20 miliar melalui tim apraisal. (Rachmi)

  • Yesaya

    Puji Tuhan! Haleluya! Kota Jakarta akan semakin Bersih Manusiawi dan Bermartabat!

  • Mangap

    Pasar dan tempat berdagang sebaiknya disiapkan, yang cukup murah dan nyaman. untuk menampung pedagang kaki lima yang ada di jalan. tapi sebaiknya pedagang kaki lima di kontrol juga jangan terus bertambah