Monday, 21 October 2019

100 Dokter Ikut Pelatihan Pencegahan Osteoporosis

Jumat, 25 Oktober 2013 — 9:03 WIB
ostoropise2510

JAKARTA (Pos Kota)- Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengadakan pelatihan pencegahan osteoporosis bagi 100 dokter umum dari 44 kecamatan di DKI Jakarta. Pelatihan ini didukung oleh Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi). Pelatihan dilakukan bersama PT Fonterra Brands Indonesia

“Kegiatan ini menjadi bagian dari program komitmen Jakarta bebas osteoporosis yang dicanangkan Gubernur DKI Joko Widodo setahun lalu,” papar dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Sales Fonterra Brands Indonesia kemarin.

Selain pelatihan kepada dokter, pogram Komitmen Jakarta Bebas Osteoporosis juga berupaya memberdayakan kader PKK seluruh kecamatan dan kelurahan di Provinsi DKI Jakarta. Selain itu juga diadakan lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis DKI Jakarta.

Dikatakan Muliaman sejak tahun 2002, bersama dengan Perosi, Perwatusi dan Kementerian Kesehatan RI, pihaknya telah merintis upaya edukasi dan mempromosikan pencegahan osteoporosis kepada seluruh masyarakat Indonesia.
“Salah satu dukungan yang kami lakukan adalah dalam bentuk kampanye edukasi dengan beragam fokus setiap tahunnya. Dan tahun ini mengambil tema Kampanye Generasi Bergerak – 2 Minggu untuk Indonesia Lebih Kuat,” sambungnya.

Lebih lanjut Muliaman berharap melalui pelatihan ini, tenaga kesehatan dapat memberikan edukasi promotif dan preventif untuk osteoporosis. Terutama dukungan mereka dalam kegiatan Lomba Kelurahan Peduli Pencegahan Osteoporosis, yang dilaksanakan bekerja sama dengan PKK DKI Jakarta.

Pelatihan terhadap tenaga kesehatan se-DKI Jakarta ini bertujuan agar para dokter dapat memberikan penjelasan yang tepat mengenai berbagai upaya pencegahan dan penanganan osteoporosis serta melatih para dokter dalam memberikan penanganan terhadap pasien penderita osteoporosis. Selain itu para peserta juga diharapkan mampu memberikan rujukan yang tepat ke rumah sakit serta dokter yang berkompeten.

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan penurunan massa tulang, dimana tulang menjadi tipis, rapuh dan mudah patah. Osteoporosis dapat menyebabkan patah tulang, yang merupakan penyebab fatal kelumpuhan dan kematian. Patah tulang pada osteoporosis dapat dicegah, salah satunya melalui pemenuhan asupan kalsium dan melakukan aktivitas fisik sejak dini. (inung)

Teks: Pelatihan pencegahan osteoporosis bagi tenaga kesehatan di Puskesmas yang digelar PT Fonterra Brands dan Dinas Kesehatan DKI. (inung)