Monday, 14 October 2019

Hindari Berbagai Penyakit, Walikota Depok Ajak Makan Nasi Sekali Sehari

Kamis, 31 Oktober 2013 — 7:30 WIB
nasisepiring3110

DEPOK (Pos Kota) – Penyakit degeneratif yang banyak dialami warga Depok umumnya karena salah dalam perilaku makan. Alasannya, gaya hidup kurang sehat dengan mobilitas tinggi memaksa masyarakat kota melahap sajian rentan penyakit.

Alhasil, menurut Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, perilaku salah makan yang menimbulkan penyakit degeratif itu menyedot paling besar alokasi anggaran publik dibanding alokasi untuk penyakit lain.

Ia menunjuk penyakit seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas yang menjadi bagian terbesar pembiayaan rumah sakit melalui Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) oleh Pemkot Depok ataupun Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) oleh Kementerian Kesehatan.

Ia mengajak warga Depok mengubah kebiasaan mengonsumsi berlebihan sajian makanan yang rentan penyakit degeneratif tersebut. Di antaranya dengan mulai mengurangi karbohidrat dan makanan yang mengandung tepung terigu. Caranya, dengan pola makan 1 + 2 atau sekali makan nasi dan dua kali non-nasi seperti jagung dan singkong. “Kami coba mengubah pola pokir perilaku salahmakan dengan gerakan hidup sehat,” ujarnya. (rinaldi/yp)