Sunday, 15 December 2019

Jemaah Haji Meninggal Tembus Angka 250 orang

Rabu, 13 November 2013 — 20:42 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Sampai kini jemaah haji yang wafat tembus angka 250 orang, sementara yang sakit menjelang berakhir pemulangan mereka mencapai 16 orang.

Kepala Kerja Daerah (Daker) Madinah Ahmad Jauhari yang dihubungi di Jakarta, Rabu, mengakui sampai menjelang berakhirnya pemulangan jemaah haji ke Tanah Air yang tinggal lima hari lagi jemaah haji yang wafat mencapai 250 orang.

“Kemarin (Selasa-waktu Arab Saudi) ada dua jemaah haji yang wafat dari Debarkasi  Makassar dan Debarkasi  Palembang,” kata Ahmad Jauhari.

Ia mengatakan jemaah haji yang sakit ada 16 orang di Madinah yang kini masih dirawat rumah sakit Arab Saudi, dan satu orang di antaranya dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPIH).

Menurut dia, jemaah haji di Madinah sekarang masih melakukan berbagai kegiatan yakni, selaian melaksanakan salat sunah Arbain juga banyak di antara mereka yang melakukan kunjungan tempat-tempat bersejarah di Madinah, seperti mengunjungi Mesjid Quba dan tempat bersejarah lainnya.

Dikatakan Ahmad Jauhari, cuaca di Madinah sekarang ini antara 24 sampai 29 derajat celsius. Sekarang masih 35 ribu jemaah haji Indonesia yang berada di Madinah.

“Kami melakukan pemulangan mereka bagi yang sudah melaksanakan salat sunah Arbain. Mereka dipulangkan lewat Bandara Madinah,” tutur Ahmad Jauhari. (Johara/d)