Monday, 14 October 2019

ASDP : Waspadai Cuaca Ekstrim di Selat Sunda

Senin, 18 November 2013 — 16:45 WIB
Pelabuhan Merak Padat

LAMPUNG (Pos Kota) – Kencangnya hembusan angin dan tingginya  gelombang laut membuat Kapal Motor Penumpang (KMP) di pelabuhan Bakauheni berguncang, Minggu (17/11).

Cuaca ekstrim yang terjadi di perairan Selat Sunda yang di perkirakan mencapai 3-4 meter yang disertai kencangnya hembusan angin membuat kapal yang sandar maupun yang akan sandar berguncang.

Hal tersebut mengakibatkan aktivitas penyebrangan Bakauheni, Lampung Selatan-Merak, Banten sedikit terhambat.

Manajer Operasional PT ASDP – Angkutan Sungai,  Danau dan Penyeberangan – Indonesia cabang Bakauheni, Heru Purwanto mengatakan, aktifitas penyeberangan memang sedikit terganggu dan sedikit terlambat akibat cuaca buruk yang melanda Selat Sunda.

“Meski terganggu, aktivitas penyeberangan Bakauheni- Merak masih berjalan normal,” tambah Heru Purwanto.

Mengenai kondisi Kapal Motor Penumpang (KMP) yang disiapkan untuk melakukan penyeberangan, dalam kondisi baik dan laik berlayar.

Dalam menghadapi situasi cuaca buruk, ASDP selalu  melakukan monitor dan melakukan pengecekan kapal serta penumpang saat akan menaiki kapal agar tidak terjadi musibah yang tidak kita inginkan.

Purwanto menghimbau kepada seluruh penumpang agar selalu waspada dan berhati-hati dalam saat naik ke kapal.

Sementara itu menurut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, Damil Amidayanti memperkirakan, Intensitas hujan dari sedang shingga lebat yang disertai angin kencang masih akan terjadi 2-3 hari ke depan.

Oleh sebab itu ini harus di waspadai. Ini terjadi akibat tekanan udara yang rendah sehingga menimbulkan hujan yang disertai angin.”kata Damil.(Koesma/d)