Wednesday, 13 November 2019

Ratusan Siswa Ikut Lomba Baca dan Sastra

Senin, 18 November 2013 — 21:27 WIB
Lisastra01n

BOGOR (Pos Kota) – Ratusan siswa SMP, SMA, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten unjuk kebolehan dalam Lomba Bahasa dan Sastra  (Lasastra)  V tahun 2013 dalam Lomba dan Sastra Indonesia ke – 13 yang digelar OSIS SMA Negeri 5 Bogor.

Lomba yang dibuka Plt. Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat  berlangsung 18-19 Nopember. Dia mengaku bangga dengan lomba yang diprakrasi SMAN V Bogor. “Kalau membuat kegiatant mudah, yang sulit memelihara kegiatan. Sebab itu saya bangga dengan SMA Negeri 5 yang sudah lima kali menggelarlomba ini, “katanya.

Dia menilai, sastra mampu menghiasi semua orang untuk berbicara. “Kami  berharap melalui kegiatan ini akan lahir generasi muda sastrawan dari Kota Bogor,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor Ipendi Suhendri mengakatan, lasastra adalah ajang lomba kreatifitas dibidang seni dan sastra Indonesia. “Kegiatan ini,   dalam upaya membina, sekaligus meningkatkan kreatifitas siswa dan kepekaan siswa dalam bidang seni dan sastra serta menghargai karya orang lain,” katanya.

Ketua Panitia Abu Hasan Alfatah menjelaskan,  lasastra ke – 13 merupakan ajang lomba Bahasa dan Sastra Indonesia dalam memperingati Bulan Bahasa dengan memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat  untuk juara umum tingkat SMP dan SMA.

Lomba diikuti 28 SMP terdiri dari 195 peserta dan 30 tingkat SMA  terdiri  270 peserta.

Sedangkan lomba  tingkat SMP, yaitu  membaca puisi, menulis puisi, membuat poster, mendongeng, pidato nonteks dan cerdas berbahasa dan sastra Indonesia (CBSI).

Untuk tingkat SMA, meregensi novel, refortase, monolok, berbalas pantun, musikalisasi puisi. (iwan/d)

Gambar : Peserta  menunjukan kebolehannya dalam lomba bahasa dan sasta