Wednesday, 23 October 2019

Walikota Bekasi dan Bupati Bogor Bahas Soal Banjir

Selasa, 19 November 2013 — 16:47 WIB
banjir-bekasi

BOGOR (Pos Kota) – Hujan yang melanda Kabupaten Bogor, seringkali menyebabkan banjir di Bekasi dan sekitarnya. Mengatasi masalah inilah yang mendorong Walikota Bekasi Rahmat Efendi menemui Bupati Bogor Rahmat Yasin di Pendopo Bupati, Cibinong, Selasa.

Menurut Walikota Rahmat Efendi, masalah banjir yang sering merendam sejumlah daerah pemukiman di Kota Bekasi harus dicarikan solusinya. Salah satunya dengan membahas bersama dengan Pemkab Bogor.“Daerah kami sering kebanjiran saat Kabupaten Bogor diguyur hujan. Nah inti pertemuan ini membahas masalah banjir,” katanya.

Menurutnya, Pemkot Bekasi berharap, adanya pembahasan menanggulangi banjir dengan Bupati Bogor akan menggungah Pemrov Jabar dan DKI untuk ikut mengatasi masalah ini. “Masalah banjir harus ditanggulangi bersama,” katanya seraya berjanji hasil pertemuannya ini akan dibawa ke Gubernur Jabar.

Reaksi senada dilontarkan Bupati Rahmat Yasin yang mengatakan, banjir merupakan masalah yang harus dicarikan solusinya secara bersama. “Daerah dekat dengan Jakarta dengan wilayahnya pegunungan hanya Kabupaten Bogor. Lantaran berada di ketinggian, air selalu mengalir ke daerah yang lebih rendah seperti daerah Bekasi, Jakarta, dan Tangerang,” katanya.

Lantas kenapa daerah-daerah ini kini sering kebanjiran, tanya Bupati lalu dijawab sendiri, bedanya jika dulu sungainya lebar, kini semakin sempit karena ulah dari manusia. Banyak jalur dari aliran air ini kini berubah menjadi mall dan perumahan. Lewat pertemuan inilah bagaimana caranya dapat menanggulangi banjir sekaligus memanfatkan air tersebut dapat memberikan keberkahan.

“Ayo kita duduk bareng bersama Pemprov DKI, Pemprov Jabar dan daerah Bekasi, Tangerang, Depok serta Bogor mengatasinya, seperti saat musim hujan saat in, air bisa ditahan dulu, sehingga daerah dibawa ketinggian tidak kebanjiran” katanya.

Bupati juga mengatakan, selain membahas masalah banjir, pihaknya juga mengusulkan dibentuknya forum memajukan perekonomian dan pembangunan di Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, serta Kota Depok. “Saya ingin mengembangkan antara Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek) menjadi perekonomian yang tangguh,” hareapnya. (iwan)

temuTeks ; Bupati Bogor dan Walikota Bekasi usai pertemuam saling memberikan cinderamata