Saturday, 14 December 2019

Gilas Napoli 1-3, Dortmund Buka Peluang Lolos ke Babak 16 Besar

Rabu, 27 November 2013 — 7:31 WIB
kuaahhhh2711

DORTMUND (Pos Kota) – Borussia Dortmund berhasil menggilas Napoli 3-1 pada lanjutan fase Grup F Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (27/11) dinihari WIB tadi. Tambahan tiga angka itu tidak hanya mempertegas status Dortmund sebagai finalis musim lalu, tapi juga membuka peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Dengan satu laga tersisa, Dortmund berhasil menggusur Napoli untuk menempati urutan kedua dengan sembilan poin. Pasukan Juergen Klopp itu terpaut tiga angka dari pimpinan grup Arsenal yang juga menang atas Olympique Marseille dengan skor 2-0. Sedangkan Napoli harus melorot di urutan ketiga lantaran kalah produktivitas gol dari Dortmund dan unggul sembilan angka dari Marseille yang sudah dipastikan tersingkir sebagai juru kunci Grup F.

Menyambangi Dortmund, Napoli yang bertekad bisa mencuri angka demi usaha lolos ke babak 16 besar, langsung menerima kerugian setelah wasit memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah pada menit ke-10. Hadiah penalti diberikan setelah bek Napoli, Federico Fernandez melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Marco Reus yang dipercaya sebagai eksekutor, sukses menuntaskan tugasnya dengan sempurna dan membawa Dortmund unggul 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Napoli langsung berinisiatif melancarkan serangan demi mengejar ketinggalan. Namun serangan yang dilancarkan skuad asuhan Rafael Benitez itu justru menimbulkan celah di lini belakang. Situasi itu pun dimanfaatkan Dortmund untuk menggandakan keunggulan lewat gol Jakub Blaszczykowski pada menit ke-60. Umpan Reus sukses dimaksimalkan Blaszczykowski untuk menjebol gawang Napoli, kawalan Jose Reina untuk membawa tuan rumah unggul 2-0.

Merasa terancam, Napoli lebih gencar melancarkan serangan dan hasilnya baru tercipta lewat aksi Lorenzo Insigne (71′). Ia sukses memanfaatkan umpan Gonzalo Higuain untuk memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.Namun pad amenit ke 79 Aubameyang kembali menciptakan gol ke gawang Napoli berkat kerjasama dengan Lewandowski sehingga kedudukan 3-1 untuk Dortmund hingga pluit terakhir. Walhasil, Napoli pun harus pulang dengan tangan hampa. Pada laga lainnya, Arsenal berhasil mempertahankan posisi sebagai pimpinan grup dengan menekuk Marseille, lewat dua gol Jack Wilshere (1′ dan 65′). (junius)

Pemain Dortmund merayakan kemenangan atas Napoli