Monday, 14 October 2019

Jual Ganja Untuk Biaya Obat Anak

Rabu, 27 November 2013 — 17:11 WIB
wualan2711

DEPOK (Pos Kota) – Terbelit kebutuhan untuk menghidupi anak yang sakit, seorang bapak terpaksa jadi pengedar ganja. Namun akibatnya, dia serta dua orang temannya ditangkap satuan Narkoba Polresta Depok.

Taufik Hidayat alias Kubil, 32, tidak bisa berbuat apa-apa saat ditangkap anggota di rumah kontrakannya Jalan Masjid Al-Akhyar , Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere . Dari tangan pelaku didapatkan 12 Kg paket ganja kering siap edar sudah dikemas dari rumahnya.

Tertangkapnya Taufik berkat lebih dahulu ditangkapnya Marwan Sofyan, 26, di rumah kontrakannya di H. Asmawi Beji, serta Asep Sukasan, 20, ditangkap di Gang Damai RT 006/008, Jagakarsa Jakarta Timur.

Menurut Kasat Narkoba Polresta Depok, Kompol Djitu Martono, barang bukti yang disita 12 Kg ganja yang dikemas seperti bantal, dan 52 paket hemat siap edar.

“Taufik selaku bandar ganja, menjual 1 KG dengan harga Rp 3 juta. Ada juga dijual perpaket hemat seharga Rp. 50 ribu,”ujar Kasat.

Dari tiga pelaku yang ditangkap, salah seorangnya berkerja sebagai karyawan pool taksi di Depok. “Sedangkan Taufik dan Asep adalah pegangguran dan menghidupi keluarga dari berjualan ganja,”katanya.

Sasaran penjualan ganja oleh tersangka, ke sejumlah pelajar dan karyawan yang dikenal saja. “Pengintaian dilakukan anggota timsus sekitar seminggu. Masing-masing pelaku ditangkap di rumahnya,”tambahnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatan tersangka dikenakan pasal 114 ayat 1 Sub pasal 111 ayat 1 UU No. 35 Tahun 2009 tentang narkotika ancaman penjara 15 tahun dan denda maksimal 1 Milliar.

Pengakuan Taufik, selama lima bulan dirinya terpaksa menjadi pengedar ganja dan keuntungannya untuk menafkahi istri dan kedua anaknya. “Pekerjaan sulit, saat ada kenalan di daerah Jakarta Timur disuruh menjual ganja saya jadi mau. Lumayan keuntungan yang didapatkan,”kata pria berjengkot ini.

Dari keuntungan menjual ganja, Taufik menggunakannya untuk membayar kontrakan sekaligus untuk biaya anak yang paling kecil sakit keras.

“Anak saya ada yang sekolah TK, dan satu lagi masih kecil sering sakit-sakitan dan butuh pengobatan di rumah sakit,”melasnya. (Angga)

Teks: Iptu Carollan (kiri) petugas Satuan Narkoba Polres Depok beserta Kasat Narkoba (kanan) menangkap tiga pelaku pengedar ganja serta menyita barang bukti ganja