Sunday, 15 December 2019

Setiap Puskesmas Wajib Miliki Pejabat Pengelola Informasi

Jumat, 29 November 2013 — 7:20 WIB
pustebet2911

TANAHABANG (Pos Kota) – Seluruh puskesmas di Jakarta diharapkan segera memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Tugasnya adalah memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat serta mengarsipkan seluruh kegiatan dari instansi tersebut.

Hal itu terungkap pada acara sosialisasi informasi yang diselenggarakan Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta di kantor Dinas Kesehatan DKI, kawasan Tanahabang, Kamis, (28/11). Acara dihadiri ratusan Kepala Puskesmas se-DKI Jakarta. Informasi publik khususnya tentang kesehatan perlu dikuasai petugas puskesmas untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Wakil Ketua KI, Farhan Basyarahil dan komisioner Mohammad Dawam menjelaskan PPID perlu dibentuk di tiap puskesmas, termasuk SKPD maupun UKPD.

Undang-Undang No. 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2008, mengatur setiap lembaga atau instansi wajib memberikan informasi. Selain itu, Farhan juga menyinggung keterbukaan informasi di DKI. UU mengenai Keterbukaan Informasi Publik di DKI saat ini telah diturunkan dalam bentuk Pergub DKI No. 48 tentang Layanan Informasi Publik Tahun 2013. Jadi, puskesmas perlu memiliki PPID. “Kalau dulu pengangkatan PPID langsung oleh Gubernur,” ujar Farhan.

Mohammad Dawam menambahkan meski perlu keterbukaan informasi publik (KIP) namin tidak semua informasi bisa dipublikasikan, ada pengecualiannya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dien Emawati menyatakan bahwa seluruh kepala puskesmas agar mengacu kepada standar informasi publik yang berlaku. “Ke depan kita ingin ada wadah seperti komite informasi, agar kinerja aman, nyaman dan terlindungi”, kata Dien di hadapan ratusan hadirin. (Joko)

Terbaru

Kabel utilitas di Pondok Ungu semrawut. (chotim)
Minggu, 15/12/2019 — 18:03 WIB
Kabel Utilitas di Pondok Ungu Semrawut
DUL-15-12
Minggu, 15/12/2019 — 17:59 WIB
Satu Untuk Semua
Anggota Polsek Ciputat saat mengecek penemuan bayi perempuan di kolong jembagan Layang Ciputat.  (anton)
Minggu, 15/12/2019 — 17:23 WIB
Ditemukan Petugas Kebersihan
Mayat Bayi Terbungkus Daster Dibuang di Bak Sampah