Sunday, 17 November 2019

Setelah Beberapa Kali Molor

Sodetan Kali Ciliwung ke BKT Dibangun Bulan Ini

Jumat, 6 Desember 2013 — 8:01 WIB
lordetan612

JAKARTA (Pos Kota) – Pembangunan sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) bakal dimulai pekan ketiga bulan ini. Proyek ini diharapkan akan mampu mengurangi debit air kali tersebut saat musim hujan sehingga mampu meminimalisir dampak banjir di wilayah yang dilintasi kali tersebut.

“Nanti kira-kira minggu ketiga sodetan dari Kampungmelayu menuju BKT sudah dimulai. Seluruh pembangunan dan pembiayaan akan ditanggung oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU)” kata Jokowi, di Balaikota, Kamis (5/12).

Dikatakan Jokowi, proyek penanggulangan banjir ini sempat tertunda karena ada beberapa kendala. Salah satunya yakni karena proyek dikerjakan dengan menggunakan anggaran multiyears. “Mereka (KemenPU) menyampaikan sudah dimulai, karena kemarin masih ada masalah dengan multiyears, sekarang sudh rampung jadi dimulai,” ujarnya.

Jokowi mengungkapkan , Pemprov DKI Jakarta tidak bertanggung jawab terkait apapun dalam pembangunan sodetan ini. Semuanya murni ditanggung oleh Kementerian PU, mulai dari anggaran hingga pekerjaan fisik. “Pemprov tidak nyiapin apa-apa, semuanya Kemen PU,” ucapnya.

Rencana pembangunan ini sebetulnya sudah molor beberapa kali tanpa alasan yang jelas. Awalnya dijanjikan tahun 2013 selesai, namun mulai dibangun saja belum. Tak lama kemudian disebut-sebut akan dibangun awal Oktober lalu, nyatanya hingga Desember ini juga belum dimukai. Warga berharap janji kali ini dapat ditepati pemerintah. (guruh)

  • Mangap

    Kalau bisa Sudetan Dikebut, karena January February puncaknya hujan. Setidaknya ada saluran yg bisa mengurangi banjir dulu

  • Mangap

    Kalau bisa Sudetan Dikebut, karena January February puncaknya hujan. Setidaknya ada saluran yg bisa mengurangi banjir dulu