Sunday, 20 October 2019

Komnas PA Soal Perkosaan

Moral Remaja Kian Merosot

Minggu, 8 Desember 2013 — 4:44 WIB
mawar-berdarah

JAKARTA (Pos Kota) – Kasus percobaan perkosaan yang dilakukan remaja terhadap bocah SD di kawasan Kramat Jati, Jakarta Timur, menunjukkan kemerosotan moral di kalangan remaja. Meski pelaku masih di bawah umur, Komnas PA (Perlindungan Anak) tetap mendukung kasus ini diproses secara hukum.

“Peristiwa ini sangat memprihatinkan kita semua. Meski pelakunya masih remaja dan belum 17 tahun, dia harus tetap menanggung konsekwensi atas perbuatannya. Kasusnya harus tetap dilanjutkan hingga ke pengadilan, biar hakim yang menentukan hukumannya,” kata Ketua Komnas PA, Arist Merdeka Sirait saat dihubungi, Sabtu (7/12) malam.

Menurut Arist, maraknya kejahatan seksual yang menimpa bocah maupun gadis ABG dan pelakunya juga remaja, di antaranya disebabkan turunnya degradasi moral, kurangnya pendidikan agama dan sosial yang ada di masyarakat.

“Para pelaku tidak lagi mempunyai ketiga hal tersebut hingga bisa berbuat hal yang tidak pantas dilakukan. Saya menyebut pelecehan seksual itu sebagai kejahatan seksual yang harus kita perangi bersama,” ujarnya.

Faktor lain adalah kemajuan teknologi, seperti internet. Begitu mudahnya akses internet yang mengandung unsur pornografi diakses berbagai pihak, termasuk anak-anak.

“Akhirnya mereka mencoba mempraktekkan apa yang dilihatnya di internet. Karena itu, perlu peran serta orang tua dalam mengawasi anak-anaknya agar tidak terpengaruh kepada hal-hal negatif terkait kemajuan zaman ini,” tandas Arist.

Untuk menekan kasus kejahatan seksual, Arist menambahkan, keluarga dapat memperkuat landasan agama, etika moral dan sosial di rumah masing-masing. “Beritahu tentang larangan yang harus dijauhi kepada anak dan keluarga terdekat,” tandasnya. (tiyo/bs/ird)

  • Tubagus Alfian Dany

    akibat demokrasi liberal- penganut gaya barat. bangsa indonesia blm siap secara mental pemikiran karena msh byk yg tdk berpendidikan dan mutu pendidikan yg rendah serta tingkat ekonomi yg msh rendah pula sehingga muncul pemikiran2 negatif individu di masyarakat. bkn saja masalah asusila saja tingkat kriminalitas jg akan trus meningkat

  • simbahciputat

    hal ini merupakan akibat dari suatu sebab. kalau yang tua tua pada tidak tahu tindak utama, apa yang akan diwariskan pada yang muda muda. mereka mereka yang diharap jadi teladan yang baik, kenyataannya tidak layak semua diteladani. mereka mereka telah berikrar berjalan diatas jalan yang terang, jalan yang telah disempurnakan dengan ta’at dan patuh. tetapi kenyataanya apa, merika ingkar semua. bangsa ini harus memilih pemimpin yang bener, bangsa ini harus memilih wakil yang bener. pilih para pemimpin dan para wakil yang takut pada yang mahapemurah.

  • Hendra Subrata Liu

    Kemerosotan moral dari atas sampai ke bawah…