Friday, 06 December 2019

Warga Kampung Pulo Sudah Siap Hadapi Datangnya Banjir

Rabu, 11 Desember 2013 — 21:00 WIB
jirpuluu1112

JATINEGARA (Pos Kota) – Rusaknya kamera CCTV di pintu air Katulampa, Bogor, tak menghawatirkan warga yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung seperti warga Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur. Baik warga maupun pihak terkait, sudah siap menghadapi datangannya air bah yang kerap menggenangi rumah mereka.

Yusuf, 31, warga RT 06/03 Kampung Pulo, mengatakan, memasuki musim penghujan ini, berbagai perabotan miliknya telah dipindahkan ke lantai dua rumahnya. “Kami sudah nggak kaget, kami sudah siap dengan datangnya air bah,” ujarnya, Rabu (11/12) malam.

Saking hafalnya, mereka sudah memprediksi datangnya air dengan menghitung enam jam lamanya air yang datang dari Bogor. Barang-barang sudah dipindahkan ke lantai dua rumahnya bersama seluruh keluarga. “Seperti Rabu (11/12), air setinggi 100 sentimeter yang datang sekitar pukul 04:00 tapi kami sudah aman diatas rumah,” ungkapnya.

Menurutnya, tak ada aksi pengungsian atas datangnya air tersebut. Karena mereka menilai air di siang harinya akan kembali surut. “Sore ini saja air sudah surut menjadi 30 sentimeter, kalau kita mengusi malah bikin repot sendiri,” ujarnya.

Pelaksana Harian (Plh) Camat Jatinegara, Manson Sinaga menuturkan, atas rusaknya CCTV itu pihaknya sudah bersiap dengan datangnya air. Dimana pihaknya telah menginformasikan ke Lurah Kampung Melayu, dan Bidara Cina untuk terus terjaga. “Warga juga sudah siap dan standby di kelurahan dan kantor RW untuk menghadapi datangnya air,” katanya.

Tak hanya itu, berbagai posko pun sudah disediakan Kecamatan Jatinegara. Mulai dari posko penanggulangan bencana dan posko dari suku dinas kesehatan jakarta timur sudah disediakan dari jauh-jauh hari. “Yang jelas untuk mengatasi warga yang rumahnya tergenang, kami sudah siap,” ungkapnya.

Untuk itu, Manson pun berpesan kepada warga apabila air cenderung naik, segera pindah ke posko pengungsi. Selanjutnya, ia juga meminta warga untuk segera memindahkan barang ke lantai dua rumahnya. “Bila membutuhukan bantuan segera laporkan posko yang telah kami sediakan,” pesannya. (Ifand)