Thursday, 14 November 2019

Aktor Peter O’Toole Telah Tiada

Senin, 16 Desember 2013 — 20:58 WIB
Peter O'Toole as Lawrence of Arabia-n

LONDON  – Aktor gaek Peter O’Toole , yang dikenal lewat film Lawrence of Arabia dan dinominasikan delapan kali untuk Academy Award, meninggal pada usia 81 .

Peter O'Toole-Oscars

Peter O’Toole, 81,  dikenal sebagai aktor yang paling sering dimoninasikan meraih Piala Oscar.

Agen O’Toole mengatakan aktor gaek tersebut meninggal Sabtu (14/12) di sebuah rumah sakit di London setelah lama sakit .

Lahir pada tahun 1932 dan dibesarkan di Inggris , O’Toole , anak keturunan Irlandia, pertama kali tampil sebagai aktor panggung di akhir 1950-an . Tahun 1962 dia mendapat terobosan besar di film , membintangi film karya sutradara David Lean Lawrence of Arabia, yang melambungkan namanya .

O’Toole bermain perwira tentara Inggris T.E. Lawrence, yang membantu memimpin pemberontakan Arab terhadap Kekaisaran Ottoman dalam Perang Dunia I .

Film yang pertama diperaninya itu langsung menyabet delapan nominasi Oscar di antaranya untuk dia selaku Aktor Terbaik .

O’Toole meraih gelar nominasi Oscar kedua untuk film tahun 1964 Becket, di mana ia memainkan Raja Henry II, penguasa mabuk dan main perempuan dari abad ke-12 Inggris .

Henry menunjuk temannya dan penasehat Thomas Becket sebagai Uskup Agung Canterbury dalam upaya untuk mengontrol gereja, tetapi menjadi bumerang ketika Becket menentang campur tangan raja.

Peter O’Toole menerima enam nominasi Oscar dalam karir film yang membentang selama lebih dari 40 tahun, membuatnya sebagai aktor paling banyak dinominasikan pernah menang. Nominasi terakhir-Nya datang untuk bermain aktor tua dalam film 2006 Venus .

Namun, bintang veteran masih berhasil mendapatkan tangannya pada Oscar patung didambakan ketika industri film AS memberinya kehormatan Academy Award pada tahun 2003 .

Dalam sebuah wawancara tahun 2001, O’Toole berbicara tentang bagaimana dia menafsirkan visi penulis naskah untuk berbagai peran-perannya, merinci proses melalui mana karakter datang dari halaman dan ke layar .

Di luar lokasi suting, Peter O’Toole berjuang dengan masalah kesehatan selama beberapa dekade . Dia memiliki reputasi sebagai perokok berat dan peminum berat , tetapi berhenti minum alkohol sejak tahun 1975 setelah selamat dari kanker perut.

Menyambut usianya yang ke-80, tahun lalu,  O’Toole mengumumkan pengunduran dirinya.  Dia mengucapkan terima kasih untuk para sahabat dengan siapa ia selama ini berbagi. – VoAnews/d