Monday, 09 December 2019

Jadi Hakim Non Palu Dua Tahun

Hakim Agung Wicaksono Dijatuhi Sanksi Disiplin

Rabu, 18 Desember 2013 — 16:05 WIB
ma

JAKARTA (Pos Kota) – Mahkamah Agung menjatuhkan sanksi disiplin kepada Hakim Agung Wicaksono, berupa hakim non palu selama dua tahun dan dimutasi ke Pengadilan Tinggi (PT) Bengkulu.

Dengan putusan ini berakhir sudah tentang teka-teki nasib hakim Agung yang diduga ‘berselingkuh’ dengan hakim cantik Vica Natalia, yang sudah dipecat oleh Majelis Kehormatan Hakim (MKH), 6 November lalu. Mereka ini sempat berphoto mesra di Hotel Borobudur, Jakarta.

“Menjatuhkan hukuman disiplin ,  dimutasi sebagai hakim non palu selama dua tahun pada Pengadilan Tinggi Bengkulu,” kata Kepala Badan Pengawas MA  Sunarto, seperti dikutip oleh laman MA, Rabu (18/12).

Hakim non palu, adalah bentuk pencabutan kewenangan sebagai hakim untuk mengadili perkara, dalam konteks itu, Agung juga dalam pembinaan oleh  PT Bengkulu.

Penjatuhan sanksi ini diberikan, sesudah didisposisi oleh Ketua MA, 12 September lalu. Kemudian, didisposisi oleh Ketua Muda Pengawasan MA, 16 Sptember. Agung terbukti melanggar SKB MA-KY (Komisi Yudisial)  huruf c angka 7.7.1 jo Peraturan Bersama MA-KY pasal 11 ayat 3 huruf a, pasal 19 ayat 4 huruf b. (ahí/yo)