Tuesday, 19 November 2019

Menristek: Tahun 2017 Mobil Listrik Nasional Diproduksi Massal

Senin, 23 Desember 2013 — 9:52 WIB
menristek-sub

JAKARTA (Pos Kota)-Pemerintah menargetkan produksi mobil listrik secara massal dan digunakan oleh masyarakat luas pada tahun 2017. Sebelum diproduski massal terlebih dahulu tahun 2014 akan diproduski untuk non komersial.

“Dalam waktu dekat akan disiapkan kelayakannya, sehingga tahun 2015 Indonesia sudah bisa memproduski mobil listrik semi komersial,” kata Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta di sela-sela Malam Keakraban Teknologi Kendaraan Listrik.

Menurut Gusti, tahun 2016 mobil listrik sudah bisa diproduksi secara komersial. Sedangkan produski komersial secara massal untuk masyarakat luas akan dilakukan pada 2017.

Presiden SBY sendiri sangat mendukung pengembangan mobil listrik nasional (Molinas).Pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang ke-17 di Bandung tahun 2012 beliau berharap agar tahun 2017 mobil listrik nasional sudah bisa diproduksi secara massal.

“Saat itu presiden juga menyetujui tambahan anggaran untuk penelitian dan pengembangan mobil listrik nasional,” tambahnya.

Saat ini putra putri  Indonesia sudah menguasai lima teknologi kunci kendaraan listrik. Kelima teknologi tersebut masing-masing soal bateri, propulasi dan transmisi, pengisian, platform,serta elektronik. Indonesia sudah mampu memproduksi purwarupa kendaraan listrik dalam berbagai jenis mulai dari city car, multi purpose van, hingga bus.

“Seluruh kendaraan listrik tersebut adalah hasil karya anak bangsa, baik para perekayasa dan peneliti dilembaga litbang maupun pelaku industri lokal,” tambah Gusti.

Untuk membangun pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait penguasaan dan pemanfaatan teknologi kendaraan listrik Kemenristek telah menggelar sosialisasi di beberapa kota besar seperti Yogjakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan terakhir di Jakarta. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan kendaraan listrik semakin dikenal masyarakat sehingga mereka mau menggunakan karya anak bangsa ini dengan rasa bangga.

(faisal/sir)

  • axl rose

    Tai anjing .paling juga hanya wacana mau pemilu untk menyenangi rakyat. Anjing basiiii……………………..

  • agan

    kenapa baru bisa di produksi tahun2017. kalo. bukan masalah politik, indonesia sbenarnya sudah bisa memeproduksi kndaraan listrik di masa lalu. beberapa tahun silam aja, sebagian anak bangsa sudah banyak yang bisa nyiptain kendaraan listrik sendiri. tapi kenapa para ahli indonesia bru bisa memperoduksi kendaraan listrik secara masal di tahun yng akan datang.