Friday, 13 December 2019

Kasus AQJ Belum Dilimpahkan ke Kejati DKI Jakarta

Rabu, 25 Desember 2013 — 13:33 WIB
kajati

JAKARTA (Pos Kota) – Sampai saat ini, Polda Metro Jaya belum melimpahkan tersangka Abdul Qadir Jailani (AQJ) alias Dul dan barang bukti sebagai bagian dari pelimpahan tahap kedua, sejak berkas perkara dinyatakan lengkap (P21), 13 Desember 2013.

“Kita masih menunggu pelimpahan tahap kedua dari penyidik (Polda Metro Jaya). Berkas sudah dinyatakan lengkap, sejak 13 Desember yang lalu,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Adi Toegarisman di Kejati DKI, Jakarta, Selasa (24/12). Ia tak menepis sudah mendengar, pelimpahan tahap kedua akan dilakukan oleh Polda Metro Jaya, awal tahun 2014. “Jadi, kita tunggu saja.”

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, secara terpisah  menyatakan penyidik dari  Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah  menyiapkan pelimpahan tahap kedua, sesudah  berkas  perkara dinyatakan  lengkap.

Dul   didakwa dengan pasal 310 ayat (4) jo pasal 287 ayat (5) jo pasal 281 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2009 Lalu Lintas, tentang kelalaian yang mengakibatkan orang lain meninggal, mengemudi melebihi batas kecepatan maksimal dan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kasus yang menyeret putra bungsu pemusik Ahmad Dhani ini terjadi pada Minggu (8/9) lalu di Jalan Tol Jagorawi saat kendaraan Mitsubishi Lancer, yang dikemudikan menabrak kendaraan di depannya. Akibatnya, tujuh orang meninggal dunia. (ahi/yo)