Tuesday, 12 November 2019

Tiga Puskesmas di Jakut Siap Layani Rawat Inap

Kamis, 26 Desember 2013 — 19:03 WIB

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Untuk memenuhi kebutuhan warga khususnya pasien Kartu Jakarta Sehat (KJS) di wilayah pesisir Jakarta, Sudin Kesehatan, Jakarta Utara menyiapkan tiga  Puskesmas  untuk dijadikan Rumah Sakit (RS) Tipe D. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang akan berobat, sehingga tidak harus ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) atau rumah sakit rujukan lainnya.

Kasudin Kesehatan Jakarta Utara Bambang Suheri mengakui kalau di wilayahnya sudah ada tiga Puskesmas yang masuk Rumah Sakit Tipe D.  Menurutnya, dari ketiga Puskesmas itu yang paling siap adalah Puskesmas Cilincing, Jakarta Utara.

“Di Puskesmas Cilincing itu sudah  sejak pertengahan 2013, mulai melayani pasien rawat inap. Kami juga sudah membenahi seluruh fasilitas di Puskesmas tersebut sejak ditunjuk sebagai salah satu calon RS Tipe D. Saat ini, tidak kurang dari 40 kamar sudah bisa digunakan pasien rawat inap,” jelas Bambang Suheri.

Menurut dia, pihaknya sudah menyiapkan tenaga medis yang kompeten untuk melayani pasien KJS di Puskesmas Cilincing. Dia berharap jika sudah resmi ditetapkan sebagai RS Tipe D, pasien KJS di wilayah Kecamatan Cilicing bisa mendapat pelayanan terbaik di Puskesmas tersebut.

”Penetapannya memang belum karena masih menunggu Pergub. tapi Puskemas Cilincing sudah siap melayani masyarakat khususnya pemilik Kartu Jakarta Sehat,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Kasudin Kesehatan, Puskesmas yang sudah menjadi Rumah Sakit Tipe D itu tidak hanya Puskesmas Cilincing saja. Tapi ada  dua Puskesmas lain yakni Puskesmas Kecamatan Koja dan Kecamatan Pademangan. (wandi/yo)