Tuesday, 12 November 2019

Petugas Jumantik Gandeng Security Perumahan

Jumat, 10 Januari 2014 — 21:11 WIB
jumasece101

JOHAR BARU (Pos Kota) – Maksimalkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, kader Jumantik gandeng keamanan atau security di sejumlah komplek perumahan. Hal itu, guna mempermudah tugas-tugus Jumantik.

“Biasanya kan kalau penghuni komplek, masyarakatnya tertutup dan sulit untuk ditemui pada siang hari. Karena itu, melalui sekurity atau pembantunya kita minta untuk di dampingi,” terang Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Kelurahan Johar Baru, Susi Suryani, kemarin.

Tak hanya itu, para Jumantik yang melakukan pemeriksaan pun orangnya tidak berubah sehingga mudah dikenal para keamanan perumahan dan pembantu. “Dengan cara itu, maka jumantik bisa tetap melakukan tugasnya tanpa ada hambatan apa pun,” paparnya.

Lurah Retno Daru Dewi, mengatakan ada sebanyak 174 kader Jumantik di Kelurahan Johar Baru, dan tersebar 2 petugas di setiap RT. “Mereka itu warga yang memang kita rekrut sebagai Jumantik,” ucapnya.

Tingginya kesadaran warga, sambung Retno, ditambah lagi dengan rutinnya PSN yang digalakan setip Jumat pagi memjadikan kasus DBD di wilayah Kelurahan Johar Baru, nyaris tidak ada. “Kalau pun ada, kemungkinan pasien terserang saat beraktivitas di tempat lain,” jelasnya. (deny)