Thursday, 21 November 2019

Pemahaman Keliru Petani Soal Pestisida

Rabu, 15 Januari 2014 — 19:33 WIB
pes1

BOGOR (Pos Kota) – Selama ini petani memahami dengan pemberian pestisida hama penyakit akan hilang dan produksi tanaman padi meningkat. Padahal pemahaman tersebut salah besar. Hal tersebut disampaikan Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB),  Dr. Ir. Hermanu Triwidodo.

“Pemberian pestisida secara terus menerus pada tanaman padi  dapat menyebabkan ledakan hama penyakit tanaman terutama hama wereng yang lebih banyak lagi,”ujar Dr. Ir. Hermanu Triwidodo dari Departemen Proteksi tanaman, Fakultas Pertanian IPB, Rabu (15/1).

Lebih lanjut ia memperkirakan serangan wereng mewabah pada sekitar 30 persen dari total wilayah pertanian. Dari hasil riset menunjukkan  di wilayah Semarang ditemukan kasus petani yang menggunakan  sembilan jenis campuran pestisida dan  dosisnya terlarang.

“Petani lebih banyak menerima informasi dari marketing  pestisida daripada dari penyuluh pertanian sehingga mereka lupa tentang pentingnya pengendalian hama terpadu. Bagaimana cara penyelamatannya secara alami,”katanya.

Menurut Hermanu, penggunaan pestisida yang terus-menerus akan memusnahkan predator alami hama wereng seperti laba- laba dan kumbang helm. Sementara telur wereng yang banyak terdapat di sela-sela batang tidak ikut tersemprot pestisida.Ini menyebabkan ledakan wereng.

Anggota Komisi Perlindungan Tanaman ini berharap pemerintah segera menangani kondisi ini dengan upaya penerapan pengendalian hama terpadu antara lain:  pelarangan penggunaan pestisida berlebihan, pengalokasian pendidikan petani dan pemberdayaan pembuatan sarana pengendalian ramah lingkungan. (yopi/yo)

Terbaru

bri
Jumat, 22/11/2019 — 1:09 WIB
Panglima TNI Terima Kunjungan Direksi BRI
Wali Kota Depok Muhammad Idris saat melantik sekitar 55 orang administrator dan pengawas di lingkungan Kota Depok. (anton)
Kamis, 21/11/2019 — 23:34 WIB
Usai Mutasi, 55 ASN Depok Dilantik Mendadak
Indra Syafrie
Kamis, 21/11/2019 — 23:13 WIB
SEA Games 2019
Timnas Indonesia Tiba di Filipina