Thursday, 21 November 2019

Hanura: Perjelas Mekanisme dan Transparansi Dana Saksi Pemilu

Kamis, 30 Januari 2014 — 15:47 WIB
Sarifuddin  Sudding

JAKARTA (Pos Kota) – Fraksi Partai Hanura memberi catatan kritis terkait rencana pemberian dana dari negara untuk saksi partai politik. Pada dasarnya, Hanura tidak tergantung pada rencana alokasi anggaran tersebut.

Hal itu dikatakan oleh Sarifuddin Sudding, Ketua Fraksi Hanura DPR RI. Menurutnya, Hanura sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari berkompetisi dalam Pemilu 2014.

“Kesiapan saksi termasuk yang kami siapkan jauh-jauh hari, termasuk penyediaan dananya. Jadi atau tidaknya penyaluran dana saksi, itu tidak menjadi kendala mengikuti pemilu bagi kami,” katanya di Jakarta, Kamis (30/1).

Hanura sendiri menilai alokasi anggaran itu dapat memfasilitasi partai-partai politik peserta pemilu menghadirkan saksi-saksi di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pengalaman pemilu sebelumnya, jika tidak setiap parpol memiliki saksi di TPS, peluang kecurangan, pembelokan dan transaksi suara membesar.mIni langkah untuk meminimalisir,” tegasnya.

Anggota Komisi 3 ini juga menegaskan, upaya lain harus tetap dilakukan untuk mencegah hal-hal negatif itu. Paling utama adalah kemampuan parpol menjaga integritas para saksinya sendiri.

Menyoal total dana saksi yang cukup besar, Sudding juga mendesak kejelasan mekanisme, dari penyaluran maupun sanksi penyalahgunaan. “Pada dasarnya semua dana dari APBN harus dipertanggungjawabkan. Sistem antisipasinya adalah dengan transparansi anggaran dan harus ada laporan dari parpol,” tegas Sudding.

Sejauh ini, total anggaran yang disiapkan untuk dana saksi 12 parpol sekitar Rp 660 miliar. Dengan jumlah TPS sebanyak 545.778 maka total saksi mencapai 6,6 juta orang. Setiap parpol mendapat Rp 55 miliar rupiah.

(rizal/sir)

Terbaru

Wali Kota Depok Muhammad Idris saat melantik sekitar 55 orang administrator dan pengawas di lingkungan Kota Depok. (anton)
Kamis, 21/11/2019 — 23:34 WIB
Usai Mutasi, 55 ASN Depok Dilantik Mendadak
Indra Syafrie
Kamis, 21/11/2019 — 23:13 WIB
SEA Games 2019
Timnas Indonesia Tiba di Filipina