Wednesday, 23 October 2019

Gerindra Tunggu Hasil Pemilu Tentukan Capres-Cawapres

Kamis, 6 Februari 2014 — 17:57 WIB
Wakil Ketua DPR Fadli Zon

Wakil Ketua DPR Fadli Zon

JAKARTA (Pos Kota) – Partai Gerindra belum menentukan calon presiden dan pasangannya sebelum hasil Pemilu Legislatif  diketahui. “Kami akan konsentrasi dulu memenangkan Pileg dulu, soal capres dan cawapresnya nanti setelah hasil perolehan suara diketahui,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon di DPR, Kamis (6/2).

Untuk capres sudah pasti Prabowo Subianto, namun dalam hal menentukan pasangan masih harus menunggu hasil Pileg. Sebab, semua masih terikat dengan aturan bahwa, kalau Parpol mengajukan capres, maka harus dengan dukungan 20% kursi di DPR. “Artinya kalau nanti perolehan suara Gerindra dapat 20% akan lebih mudah menentukan cawapres. Kalau di bawah 20% mau tak mau harus berkoalisi,” ujarnya.

Koalisi itu untuk mencari tambahan kursi DPR dari parpol lain agar bisa mengajukan capres dengan dukungan minimal 20% kursi di DPR. Guna melakukan koalisi, lanjut dia, semua parpol juga menunggu hasil Pileg. Belum ada parpol yang berani menentukan koalisi dengan parpol mana pada saat ini. Yang dilakukan antarparpol saat ini adalah komunikasi politik.

“Tentu semua melakukan penjajakan koalisi, ada komunikasi politik dengan melakukan pertemuan-pertemuan dengan pimpinan parpol. Hal semacam ini untuk mencairkan suasana dan menghindari kemungkinan kebuntuan,” kata dia. Ia memberi contoh, saat Megawati ulang tahun, ia bersama pimpinan Gerindra hadir ke rumahnya. Selain itu, juga pertemuan dengan tokoh-tokoh penting parpol lain untuk membicarakan masalah ruwetnya DPT (daftar pemilih tetap),  isu-isu aktual dan lainnya.

Kemungkinan koalisi dengan PDIP, Fadli mengaku mingkin saja dilakukan, karena dulu sudah pernah kerja sama dalam mengusung pasangan Mega-Prabowo dalam Pilpres 2009. “Bisa saja dilakukan, apalagi chemistry-nya kan sudah ada, tinggal bagaimana nanti,” ujarnya. (winoto/yo).

  • Adnan Prabowo

    Persiapkan rencana utk hadapi Pemilu yg menunggu hitungan bulan. Prabowo ttp dimajukan sbg capres & cawapresny, hrs sama2 yg satu visi-misi.

  • u

    JANGAN ASAL DIDUKUNG !MAMPU ENGGA NGURUS PERUSAHAAN SENDIRI !!NGELOLA NEGARA PULUHAN RIBUKALI LBH RUMIT LOH