Monday, 21 October 2019

Gol Pamungkas Gervinho, Bawa Roma Taklukkan Napoli 3-2

Kamis, 6 Februari 2014 — 10:11 WIB
as-roma-menang-1

ROMA (Pos Kota) – Berkat gol pamungkas Gervinho, AS Roma berhasil menjaga peluang untuk melenggang ke partai final Coppa Italia, usai menang tipis 3-2 atas Napoli pada leg pertama babak empat besar di Stadion Olimpico, Kamis (6/2) dinihari WIB tadi. Dengan hasil itu, Roma hanya butuh hasil imbang untuk menjaga peluang ke partai final saat menyambangi Napoli pada leg kedua di San Paolo, tengah pekan mendatang.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Roma menurunkan Danielle De Rossi dan Francesco Totti sebagai motor serangan. Sementara Napoli tak kalah garang dengan menurunkan Marek Hamsik dan Gonzalo Higuain di lini depan. Duel sengit dengan ambisi selangit pun tersaji sejak menit-menit awal pertandingan. Namun Roma berhasil membuka keunggulan lebih dulu berkat gol Gervinho (13′). Menerima umpan terobosan Totti, Gervinho sukses menjebol gawang Napoli untuk merubah skor menjadi 1-0.

Selanjutnya, Roma kembali menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Kevin Strootman (32′). Menerima umpan dari Radja Nainggolan, tendangan keras Strootman dari luar kotak penalti memnbuat kiper Napoli, Jose Reina tak berdaya. Skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah, akhirnya bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Napoli membuktikan kehebatannya. Laga babak kedua baru berjalan satu menit, Napoli sukses memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.

Gol itu tercipta dari kesalahan kiper Roma, Morgan De Sanctis, yang membuat gol bunuh diri. Gol itu membuat Napoli lebih percaya diri dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, berkat gol Dries Mertens (70′). Berawal dari sepakan Higuain yang bisa diblok pemain Roma, bola pantul langsung disambar Mertens tanpa ampun. Namun gol itu tidak membuat Roma panik. Tim besutan Rudi Garcia itu justru kembali unggul lewat gol kedua Gervinho, dua menit jelang bubaran.

Menerima umpan terobosan Alessandro Florenzi, tendangan kaki kanan Gervinho sukses menembus gawang Reina. Gol pamungkas Gervinho itu sekaligus menjadi penentu kemenangan Roma dengan skor 3-2. Roma hanya butuh hasil imbang pada leg kedua, namun jika kalah 0-1, maka Napoli yang melaju ke final. Sebelum kedua tim kembali bentrok pada leg kedua, Roma akan lebih dulu menghadapi Lazio di partai derby Ibu Kota dan Napoli menjamu AC Milan dalam lanjutan Serie A Italia, akhir pekan ini.
(junius/sir)