Friday, 13 December 2019

Bosnia-Herzegovina Rusuh Lagi

Senin, 10 Februari 2014 — 3:18 WIB
Bosnis Rusuh-n

SARAJEVO – Sedikitnya dua ratus orang terluka akibat kerusuhan di sejumlah kota di Bosnia-Herzegovina yang diwarnai aksi pembakaran gedung-gedung pemerintah, demikian pejabat Bosnia mengatakan.

Bosnia Rusuh-330

Kenbakaran dimana-mana di seantero ibukota Sarajevo, membuat petugas pemadam kebakaran kewalahan. foto: Reuters

Di ibukota Sarajevo, polisi menggunakan peluru karet dan meriam air untuk mengusir ribuan demonstran yang membakar kantor pemerintah daerah dan berusaha menyerbu gedung kepresidenan.

Asap hitam terlihat berasal dari gedung kepresidenan di Sarajevo.

Bosnia Rusuh01

Pendemo melempari batu, telor busuk dan apa saja kepada polisi, yang mencoba meredam kemarahan pendemo. Empat polisi di antaranya dilarikan ke rumah sakit. Reuters

Surat kabar yang terbit di Sarajevo, Dnevni Avaz melaporkan, aparat kepolisian menggunakan meriam air untuk membubarkan para pengunjuk rasa yang melempari gedung-gedung pemerintah.

Pemadam kebakaran tidak dapat mencapai gedung yang terbakar, demikian laporan itu menyebutkan. Sebanyak 13 tim pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk memadamkan api.

Orang-orang protes karena mereka lapar, karena mereka tidak memiliki pekerjaan. Kami menuntut pemerintah mengundurkan diri,” kata Nihad Karac, seorang pekerja konstruksi, kepada kantor berita AFP.

Kerusuhan diduga dilatari persoalan pengangguran dan praktek korupsi di Bosnia.

Aksi protes dimulai dari kota Tuzla yang menyebabkan sedikitnya 130 orang terluka, awal pekan ini, dan menyebar dengan cepat ke daerah lainnya, menyusul penutupan sejumlah pabrik. – bbc/d