Sunday, 17 November 2019

Perbaikan Jalan Rusak di Jakarta Timur Terus Dikebut

Kamis, 20 Februari 2014 — 19:33 WIB
ruksa

JATINEGARA (Pos Kota) – Cuaca Jakarta yang sudah mulai terik, dimanfaatkan Suku Dinas Pekerjaan Umum (PU) Jalan untuk memperbaiki jalan rusak.

Kasie Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Sudin PU Jakarta Timur, Ahmad Yazied menyebutkan, sebelumnya kondisi jalan rusak tercatat ada di 560 titik atau 24.470 meter persegi. “Kini sudah diperbaiki hingga tinggal 120 titik atau 2.407 meter persegi. Jadi tinggal 10 persennya saja yang terus kita kebut,” katanya, Kamis (20/2).

Yazied menargetkan pekan depan semua jalan berlubang di Jakarta Timur, akan selesai diperbaiki keseluruhannya. Dari situ, semua keluhan masyarakat atas kondisi jalan berlubang diharapkan tidak terjadi lagi. “Kami juga sudah mencatat jalan-jalan yang kerap tergenang agar nantinya dilakukan pembetonan,” ujarnya.

Diungkapkan Yazied, salah satu jalan rusak yang tengah diperbaiki pihaknya adalah Jalan Raya Bekasi Timur. Dimana jalan rusak yang berada di Kolong flyover Jatinegara, sedang pembetonan.

Menurutnya, untuk menjaga kualitas jalan yang kerap tergenang itu, pengecoran dilakukan menggunakan beton K 600 atau mutu tinggi. Hal itu juga dilakukan agar dalam waktu satu minggu, jalan cepat kering dan bisa digunakan kembali. “Biasanya kan pakai bahan K 300, tapi untuk menunggu kering harus menunggu 21 hari,” ungkapnya.

Selain itu, perbaikan besar juga akan dilakukan di Jalan Raya Tipar Cakung. Dimana jalur sepanjang 1500 meter persegi itu juga ikut dibeton, lantaran sering menjadi langganan genangan setiap musim hujan. “Pengecoran akan dilakukan setelah kolong flyover Jatinegara tuntas,” imbuhnya.

Yazied juga mengku, selain memperbaiki jalan-jalan yang rusak akibat genangan, pihaknya telah menyelesaikan perbaikan trotoar. Seperti trotoar sepanjang 1 kilometer di Jalan Bekasi Timur, mulai dari kolong Pasar Klender hingga perempatan Tugas Pulogadung. “Trotoar sepanjang 780 meter di Jalan I Gusti Ngurah Rai, mulai dari pertigaan Buaran hingga kolong flyover Pondok Kopi, juga sudah rampung,” tutup Yazied. (Ifand)

Teks : Petugas Suku Dinas Pekerjaan Umum Jalan Jakarta Timur saat memperbaiki jalan berlubang. (Ifand)