Wednesday, 20 November 2019

Polisi Resmi Tak Izinkan Pertandingan Persib Vs Persija

Kamis, 20 Februari 2014 — 16:15 WIB
huripat1

BANDUNG (Pos Kota) – Polda Jabar resmi menolak laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) antara Persib Bandung versus Persija Jakarta, yang rencananya digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupatem Bandung 22 Februari mendatang.

Penolakan itu dilatarbelakangi keinginan jajaran Polda Jabar menciptakan iklim kondusif di kota Bandung. “ Pada prinsipnya kami menolak Persib lawan Persija digelar di wilayah hukum Polda Jabar,“ kata Kabid Humas Kombes Martinus Sitompul, ke wartawan Kamis.

Dia menjelaskan, tidak dikeluarkannya izin dilatarbelakangi beberapa persoalan yang dinilai serius. Diantaranya, kondisi supporter Jakmania dan Botoh Persib hingga kini masih belum menemui titik kemesraan atau damai. “ Dalam kondisi seperti itu kemungkinan gesekan besar akan terjadi dan dampaknya kepada Kamtibmas,“ujarnya.

Alasan lain Polda Jabar, kata Martin berdasar hasil kajian Pelita Bandung Raya melawan Persija yang digelar beberapa waktu lalu di Jalak Harupat, mengakibatkan banyalnya kendaraan yang rusak, dan empat supprter luka serius. “ Jika Persib tanding melawan Persija, tak menutup kemungkinan insiden pun akan tewrjadi, terkecuali supporter pendukung kedua tim sudah melakukan perdamaian, akan lain ceritanya,“ tambah Kombes Martinus.

Hasil kajian menunjukan, setiap kali Persib tanding melawan Persija selain ada perusakan dan korban luka, juga ada korban meninggal dunia. Oleh karenanya, Polda Jabar memutuskan tidak mengizinkan laga Persija versus Persib digelar di wilayah hukum Polda Janar,“ tandasnya lagi.

AKHIR PEKAN

Kabid Humas pun menyoroti laga lanjutan Persib kontra Persija akan digelar akhir pekan mendatang. Event ini bertepatan dengan akhir pekan, dimana warga Jakarta banyal yang belibur di Kota Bandung. Untuk menghindari perusakan kendaraan letter B oleh oknum bobotoh yang tak bertanggungjawab, Polda tidak mengeluarkan izin tanding. “ Perusakan kendaraan leeter B acapkali terjadi di Bandung jika usai pertandingan antara Persib dan Persija,“ ucapnya.

Beberapa bobotoh mengaku kecewa atas keputusan Polda Jabar. “ Yah, kami pasrah. Kalau polisi tidak menginzinkan mau apa lagi. Mudah mudahan ada perubahan karena pelaksanaanya masih agak lama,“ kata Dudung,34, seorang bobotoh.

Beberapa pengurus Persib terkejut dengan adanya keputusan dari Polda yang tak mengeluarkan izin tanding. “ Kemungkinan tanding akan tetap dilaksanakan hanya tempat saja yang masih belum ada,“ kata salah seorang anggita Panpel Persib versus Persija, Kamis. (Dono)